Luthfiyah, Lu Hadiyanti Wijaya (9882405120311064) (2024) Analisis Strategi Komunikasi Persuasif Transformasi Kereta Api Dalam Mensosialisasikan Aplikasi Digital (Studi Deskriptif Strategi Penyebaran Informasi Pengguna Usia 36-50 Tahun Terhadap Aplikasi Kai Access Di Stasiun Bandung). Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.
![]() |
Text
cover.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (408kB) |
![]() |
Text
bab1.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (356kB) |
Abstract
Transformasi Tiket Digital Di Bandung Melalui Aplikasi Access By KAI Mendorong PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Untuk Aktif Mensosialisasikan Aplikasi Ini, Terutama Kepada Pengguna Berusia 36-50 Tahun Yang Mengalami Kesulitan Dalam Mengadopsi Teknologi Digital. Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Menganalisis Implementasi Komunikasi Persuasif PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Dalam Sosialisasi Aplikasi Access By KAI Menggunakan Konsep AIDDA Serta Mengidentifikasi Kendala Yang Dihadapi Dalam Menerapkan Strategi Tersebut Pada Pengguna Berusia 36-50 Tahun. Penelitian Ini Menganalisis Strategi Komunikasi Persuasif PT KCI Dalam Sosialisasi Aplikasi Dengan Pendekatan Kualitatif Deskriptif, Melalui Wawancara Mendalam Dengan Supervisor Media Relations PT. KCI Dan Pengguna Di Stasiun Bandung. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa PT. KCI Berhasil Menerapkan Strategi Komunikasi Persuasif Berdasarkan Teori AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision, Action). Pada Tahap Attention Dan Interest, KCI Menarik Perhatian Masyarakat Melalui Media Digital Dan Kegiatan Sosialisasi Di Stasiun, Menekankan Kemudahan Pemesanan Tiket. Teknik Asosiasi Dan Integrasi Digunakan Untuk Mengaitkan Aplikasi Dengan Pengalaman Positif Pengguna. Selanjutnya, Pada Tahap Desire Dan Decision, KCI Memanfaatkan Storytelling Dan Testimoni Pengguna, Serta Teknik Pay Off & Fear Arousing Untuk Mendorong Keputusan Penggunaan Aplikasi. Pada Tahap Action, Dukungan Layanan Pelanggan Yang Responsif Dan Perbaikan Aplikasi Dilakukan Untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna. Meski Strategi Ini Efektif, Tantangan Seperti Resistensi Terhadap Teknologi Dan Kesenjangan Digital Tetap Ada, Menandakan Perlunya Upaya Lebih Lanjut Dalam Sosialisasi Dan Pengembangan Aplikasi. Kata Kunci : Access By KAI, Komunikasi Persuasif, Pengguna Aplikasi Usia 36-50 Tahun, PT Kereta Commuter Indonesia
Item Type: | Other |
---|---|
Additional Information: | SKRIPSI PRODI ILMU KOMUNIKASI S1 |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Komunikasi dan Desain > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 03:02 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 07:22 |
URI: | http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/1014 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |