PERANCANGAN VIDEOGRAFI SEBAGAI MEDIA PROMOSI BATIK KHAS SUBANG YANG DIPRODUKSI OLEH BATIK GANASAN

Ogi, Sugianto and Nichi, Hana Karlina and Sophia, Purbasari (2019) PERANCANGAN VIDEOGRAFI SEBAGAI MEDIA PROMOSI BATIK KHAS SUBANG YANG DIPRODUKSI OLEH BATIK GANASAN. ARTCOMM, 02 (02). pp. 69-80. ISSN 2597-5188

[img] Text (ARTIKEL)
PERANCANGAN VIDEOGRAFI SEBAGAI MEDIA PROMOSI BATIK KHAS.pdf

Download (816kB)
Official URL: https://jurnalunibi.unibi.ac.id/ojs/index.php/ArtC...

Abstract

Sejak batik dikukuhkan oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization) sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-Bendawi sejak oktober 2009, perkembangan batik di Indonesia berkembang secara pesat, banyak daerah di Indonesia yang memiliki dan mengembangkan batiknya sesuai identitas kedaerahan, termasuk di Kabupaten Subang yang sudah berkembang dan telah muncul beragam industri Batik khas Subang. Salah satu industri Batik khas Subang yang terkenal adalah Ganasan Batik. Di Ganasan Batik, dibuat kain batik dengan motif yang beragam dan menggambarkan kekayaan alam dan tradisi di Kabupaten Subang, seperti motif nanas, sisingaan dan bejana purba. Laporan perancangan Tugas Akhir mengenai Batik khas Subang ini memiliki rumusan masalah, bagaimana media promosi yang efektif dan efisien untuk mempromosikan Batik khas Subang yang diproduksi Batik Ganasan. Tujuan dari perancangan Tugas Akhir ini adalah untuk mempromosikan batik khas Subang melalui media videografi dan target dari perancangan media promosi ini adalah usia dewasa awal yang aktif menggunakan media sosial.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data primer yang berupa wawancara, observasi dan studi pustaka, dan data sekunder dengan menggunakan kuesioner sebagai media pengumpulan data. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa, industri Batik Ganasan telah melakukan upaya mempromosikan batik khas Subang degan cara direct selling, yaitu promosi secara langsung via media online berupa Whatsapp. Namun upaya tersebut belum efektif untuk mempromosikan batik khas Subang, terutama secara cakupan target promosi.

Item Type: Article
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Komunikasi dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI
Date Deposited: 29 Apr 2021 08:23
Last Modified: 29 Apr 2021 08:23
URI: http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/177

Actions (login required)

View Item View Item