Ilham, Medal Junjunan (2019) MENDIDIK DAN MENGAJAR GENERASI POST MILLENNIALSS: PENDEKATAN UNTUK MENDIDIK GENERASI Z, SEBAGAI SUPLEMEN BAGI PENDEKATAN KLASIK PENDIDIKAN. JIPSI : Jurnal Ilmiah Psikologi, 01 (01). pp. 1-8. ISSN 2715-7792
Text (ARTIKEL)
MENDIDIK DAN MENGAJAR GENERASI POST MILLENNIALSS.pdf Download (195kB) |
Abstract
Generasi Z saat in imerupakan generasi yang sebagian besar sedang mengisi bangku pendidikan. Perbedaan karakter generasi Z dengan generasi sebelumnya menuntut kita sebagai pendidik untuk dapat beradaptasi menyesuaikan cara kita mengajar dengan siswa yang menjadi sasaran ajar kita. Secara dasar pedagogika, teknik-teknik lama harus tetap diaplikasikan tapi diperlukan suplemensuplemen khusus yang menjadi nilai plus dan pembeda dalam mengajar siswa dari generasi Z. Generasi Z merupakan generasi yang sangat akrab dengan teknologi, internet dan smartphone. Karakteristik dari generasi Z ini harus dimanfaatkan sebagai cara untuk lebih efektif dalam mendidik generasi Z, bukan sebagai hambatan dalam mendidik generasi Z. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi literature, untuk membahas karakteristik dari generasi Z yang selanjutnya akan dihubungkan dengan bagaimana kita sebagai pendidik untuk memiliki teknik yang tepat dalam mendidik generasi z, dengan mengandalkan karakteristik mereka yang mungkin berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya. Paper ini juga digunakan sebagai insight bagi para pendidik, bahwa tantangan dalam mendidik itu ada pada pendidik untuk beradaptasi, dan selanjutnya dapat digunakan sebagai pendahuluan dalam penelitian yang sifatnya lebih kuantitatif dalam menentukan teknik mengajar siswa dari generasi z secara lebih efektif.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 02:42 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 02:42 |
URI: | http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/184 |
Actions (login required)
View Item |