Nichi, Hana Karlina (2018) MENCARI CELAH PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA GENERASI MILENIAL. ARTCOMM, 1 (1). pp. 61-71. ISSN 2597 - 5188
Text (ARTIKEL)
MENCARI CELAH PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA GENERASI MILENIAL.pdf Download (147kB) |
Abstract
Bagi generasi milenial, penggunaan gadget sudah menjadi suatu gaya hidup bahkan media sosial kini telah menjadi ruang komunikasi. Generasi milenial atau generasi Z adalah mereka yang lahir setelah tahun 1980, memiliki kecenderungan spesifik pada pandangan politik, komunikasi dan cara pandang terhadap is u - isu dunia. Begitu pula dengan cara pandang mereka terhadap nilai - nilai Pancasila yang disinyalir mulai memudar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran generasi milenial Indonesia agar dapat merancang strategi yang tepat dalam upaya membumikan Pancasila. Agar Pancasila tidak hanya dinilai sebagai ideologi negara , tetapi juga sebagai pandangan hidup, terutama dikalangan anak muda generasi milenial. Metode penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif, data penelitian di peroleh dar i hasil studi literatur dan Focus Discussion Group ( FDG ) yang diadakan oleh UKP - PIP (Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila ) pada tanggal 29 Desemb er 2017 di Luxton Hotel Bandung, untuk mengetahui pendapat dari berbagai kalangan, komunitas dan pr ofesi yang terkait dengan generasi milenial . Dengan mengetahui gambaran yang utuh mengenai generasi milenial, diharapkan mampu merancang strategi yang tepat dalam upaya membumikan Pancasila, sehingga dapat menciptakan generasi - generasi Indonesia yang ber budi luhur yang berlandaskan Pancasila.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Komunikasi dan Desain > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 07:01 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 07:01 |
URI: | http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/211 |
Actions (login required)
View Item |