DESKRIPSI PERTIMBANGAN MORAL (MORAL JUDGMENT) PADA SISWA-SISWI KELAS XI YANG BERPERILAKU MELANGGAR ATURAN (MISDEMEANORS) DI SMA Y BANDUNG

Nahda, Kurnia Juniati and Ira, Nurcahyani (2015) DESKRIPSI PERTIMBANGAN MORAL (MORAL JUDGMENT) PADA SISWA-SISWI KELAS XI YANG BERPERILAKU MELANGGAR ATURAN (MISDEMEANORS) DI SMA Y BANDUNG. In Search. pp. 81-89. ISSN 2088-2068

[img] Text (ARTIKEL)
DESKRIPSI PERTIMBANGAN MORAL (MORAL JUDGMENT).pdf

Download (1MB)
Official URL: http://insearch.unibi.ac.id/jurnal/2018/09/17/154/...

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang dilandasi oleh banyaknya fenomena pelanggaran aturan oleh remaja yang kini makin banyak terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Karena timbulnya kenakalan remaja ini seringkali dikatakan adanya krisis moral pada remaja. Moral judgment yang merupakan salah satu komponen perilaku moral seringkali diteliti karena banyaknya pandangan berbeda tentang moral judgment itu sendiri. Beberapa ahli sepakat bahwa moral terbentuk juga karena pengaruh dari lingkungan. Metode penelitian merupakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat moral judgment yang ditunjukkan oleh siswa kelas XI yang melakukan pelanggaran di SMA Y Bandung. Penelitian dilakukan pada siswa pelaku pelanggaran, study populasi.Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data berupa skala Moral Judgment. Berdasarkan data penelitian menunjukkan bahwa remaja pelaku misdeaminor sebagian besar memiliki tingkat moral judgment berada pada tingkat pasca konvensional dan masih belum menunjukkan tahap perkembangan moral yang jelas. Dari hasil penelitian tersebut peneliti memberikan saran agar pembimbing dari siswa kelas IX ini baik orangtua maupun pengurus sekolah sebaiknya meningkatkan kepedulian sehingga tercipta lingkungan yang kondusif bagi remaja untuk bisa memaksimalkan perkembangan remaja.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI
Date Deposited: 03 May 2021 07:10
Last Modified: 03 May 2021 07:10
URI: http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/265

Actions (login required)

View Item View Item