Banon, Gilang (2015) ANALISIS SEMIOTIKA DAN SEJARAH PADA KARYA LUKISAN RADEN SALEH DAN NICOLAAS PIENEMAN (STUDI KASUS PADA LUKISAN PENANGKAPAN PANGERAN DIPANEGARA). In Search (Informatic, Science, Entrepreneur, Applied Art, Research, Humanism), 13. pp. 48-66. ISSN 2085-7993
Text (ARTIKEL)
ANALISIS SEMIOTIKA DAN SEJARAH PADA KARYA LUKISAN RADEN SALEH DAN NICOLAAS PIENEMAN (STUDI KASUS PADA LUKISAN PENANGKAPAN PANGERAN DIPANEGARA).pdf Download (1MB) |
Abstract
Sebagai pelukis Jawa yang dibesarkan di dunia barat, Raden saleh memiliki ikatan khusus terhadap pemerintah kolonial. Dukungan finansial semasa tinggal di Belanda dari pihak kolonial membuat Raden Saleh berhutang budi. Selain studi keilmuan barat, Raden Saleh juga memperoleh teman – teman bangsawan dari residensi nya di Belanda, sehingga pengaruh dunia barat terhadap Raden Saleh cukup besar. Sering kali Raden Saleh melukis untuk para bangsawan eropa yang memberikannya keuntungan – keuntungan diplomatis. Namun dari semua keberpihakannya terhadap barat, Raden Saleh menyelipkan sebuah misteri dalam lukisannya yang menceritakan tentang penangkapan Pangeran Dipanegara. Karya yang diduga merupakan sebuah karya apropriasi dari karya serupa milik Nicolaas Pieneman adalah merupakan sebuah bentuk perlawanan dalam keberpihakannya. Pasalnya banyaknya metafora yang diselipkan pada lukisan tersebut yang boleh jadi memiliki unsur sarkastik yang menunjukan rasa nasionalisme Raden Saleh. Keilmuan semiotika dan sejarah akan membantu pembacaan makna dari lukisan tersebut.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Komunikasi dan Desain > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI |
Date Deposited: | 04 May 2021 02:44 |
Last Modified: | 04 May 2021 02:44 |
URI: | http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/284 |
Actions (login required)
View Item |