PERANCANGAN PELATIHAN PEER HELPING (Suatu Rancangan Pelatihan untuk Meningkatkan Helping Skill for Understanding dalam Memberikan Bantuan pada Staf Mahasiswa di Universitas “X” Bandung)

Anggian, Heksa Efraim Sinaga (2016) PERANCANGAN PELATIHAN PEER HELPING (Suatu Rancangan Pelatihan untuk Meningkatkan Helping Skill for Understanding dalam Memberikan Bantuan pada Staf Mahasiswa di Universitas “X” Bandung). In Search. pp. 31-37. ISSN 2088-2068

[img] Text (ARTIKEL)
PERANCANGAN PELATIHAN PEER HELPING (Suatu Rancangan Pelatihan Untuk Meningkatkan Helping Skill For Understanding Dalam Memberikan Bantuan Pada Staf Mahasiswa Di Universitas “X” Bandung).pdf

Download (1MB)
Official URL: http://insearch.unibi.ac.id/jurnal/2018/09/18/166/...

Abstract

Pada situasi akademis, mahasiswa akan menghadapi tuntutan dari berbagai situasi yang pada akhirnya menjadi suatu permasalahan yang dihadapi. Keterbatasan jumlah tenaga profesional, seperti konselor professional dan dosen pembimbing untuk membantu mahasiswa yang berkonsultasi menjadi faktor yang menghambat. Sebagai tenaga peer helper yang disiapkan, perlu memiliki kemampuan dasar untuk memberikan bantuan kepada teman sebaya. Brammer (2003) menyebutnya sebagai helping skill for understanding, yang terdiri dari listening skill, leading skill, reflecting skill, interpreting skill, challenging skill, informing skill, dan summarzing skill. Berdasarkan pengamatan di layanan konseling Universitas “X” Bandung didapatkan bahwa sebagian besar staf mahasiswa sebagai calon peer helper belum memiliki kemampuan dasar untuk memberikan bantuan kepada teman sebaya. Diberikan suatu pelatihan pada staf mahasiswa untuk meningkatkan helping skill for understanding sebagai kemampuan dasar membantu teman sebaya. Pelatihan dilakukan dengan menggunakan pendekatan experiential learning. Penelitian ini menggunakan metode single group pretest-posttest design. Pengujian terhadap skor total keterampilan helping dengan menggunakan uji beda Wilcoxon. Subjek penelitian sebanyak 5 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan subjek mengenai peer helping dan kemampuan subjek dalam menampilkan keterampilan listening mengalami peningkatan yang signifikan dengan tingkat kepercayaan 95%. Aktivitas berupa roleplay merupakan metode yang sesuai untuk memfasilitasi proses belajar pada subjek penelitian dalam melatih keterampilan listening, dan melalui aktivitas yang berupa writing task, group discussion, lecturing, dan task exercise merupakan metode yang sesuai untuk memfasilitasi proses belajar subjek untuk mendapatkan pengetahuan dasar mengenai peer helping.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI
Date Deposited: 04 May 2021 02:37
Last Modified: 04 May 2021 02:37
URI: http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/285

Actions (login required)

View Item View Item