MEME INTERNET SEBAGAI REPRESENTASI EKSPRESI MASYARAKAT DALAM MERESPON IKLAN MINI DRAMA ADA APA DENGAN CINTA (AADC) 2014

Diwan, Setiawan and Rachmawati, Windyaningrum (2015) MEME INTERNET SEBAGAI REPRESENTASI EKSPRESI MASYARAKAT DALAM MERESPON IKLAN MINI DRAMA ADA APA DENGAN CINTA (AADC) 2014. In Search (Informatic, Science, Entrepreneur, Applied Art, Research, Humanism), 13. pp. 123-135. ISSN 2085-7993

[img] Text (ARTIKEL)
MEME INTERNET SEBAGAI REPRESENTASI EKSPRESI MASYARAKAT DALAM MERESPON IKLAN MINI DRAMA ADA APA DENGAN CINTA (AADC) 2014.pdf

Download (879kB)
Official URL: http://insearch.unibi.ac.id/jurnal/2018/09/14/146/...

Abstract

Penggunaan tema “Ada Apa Dengan Cinta 20014” (AADC) sebagai tema iklan LINE fitur alumni telah menjadi fenomena di sosial media. Hal ini terlihat tanda pagar (hashtag) yang berhubungan dengan iklan AADC 2014 menjadi trending topic di berbagai sosial media. Mini drama “Ada Apa Dengan Cinta” terinspirasi dari film “Ada Apa Dengan Cinta” yang merupakan salah satu film fenomenal di tahun 2002. Film ini merupakan awal kebangkitan perfilman Indonesia, yang ditonton lebih dari 2.000.000 penonton. Sesukses filmnya pada tahun 2002, mini drama AADC 2014 telah mendapat perhatian dari masyarakat, salah satu efek media yang dihasilkan oleh mini drama tersebut adalah lahirnya video-video komedi serta gambargambar plesetan atau yang dikenal dengan meme internet internet. Meme internet Ada Apa Dengan Cinta tersebar dalam sosial media seperti Twitter, Path, Youtube dan jejaring sosial lainya. Meme internet ini merupakan respon masyarakat terhadap iklan Ada Apa Dengan Cinta 2014.

Item Type: Article
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Komunikasi dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI
Date Deposited: 04 May 2021 03:14
Last Modified: 04 May 2021 03:14
URI: http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/291

Actions (login required)

View Item View Item