ANALISIS ILUSTRASI PARODI PADA PRODUK MASSAL (STUDI KASUS PADA PRODUK ‘BERAK’ DAN ‘OBEYGIANT’)

Banon, Gilang and Citra, Kemala Putri (2017) ANALISIS ILUSTRASI PARODI PADA PRODUK MASSAL (STUDI KASUS PADA PRODUK ‘BERAK’ DAN ‘OBEYGIANT’). In Search, 16 (02). pp. 41-47. ISSN 2580 - 3239

[img] Text (ARTIKEL)
ANALISIS ILUSTRASI PARODI PADA PRODUK MASSAL (STUDI KASUS PADA PRODUK ‘BERAK’ DAN ‘OBEYGIANT’).pdf

Download (1MB)
Official URL: https://jurnalunibi.unibi.ac.id/ojs/index.php/in_s...

Abstract

Lahirnya budaya massa pada era postmodern memberikan reaksi lahirnya pergerakan counter culture . Untuk membedakan kelompoknya dengan kelompok lain, dalam pergerakannya mereka memadukan 3 unsur, yaitu budaya, agama dan seni. Salah satu b entuk kesenian yang digunakan adalah ilustrasi yang diaplikasikan baik pada produk pakai maupun pada karya cetak yang diproduksi massal. Ilustrasi baik pada masa kini maupun masa lalu digunakan sebagai media untuk menyampaikan suatu pesan, ide atau gagasan . Salah satu gaya visual ilustrasi adalah parodi, yaitu sebuah komposisi yang mengimitasi dari suatu karya tertentu dengan menyimpangkan objek - objeknya sehingga menimbulkan efek lucu atau absurd. Studi kasus dari penelitian ini adalah produk ‘Berak’ dan ‘O bey Giant’. Hasil akhir dari penelitian terhadap kedua produk ini, meskipun sekilas tampak sama namun mempunyai strategi komunikasi visual yang berbeda pada ilustrasinya baik dilihat secara harfiah maupun dari sisi semiotika.

Item Type: Article
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Komunikasi dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI
Date Deposited: 06 May 2021 06:17
Last Modified: 06 May 2021 06:17
URI: http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/351

Actions (login required)

View Item View Item