Proses Mental Accounting Pada Decision Making Konsumen

Sofia, Nuryanti (2017) Proses Mental Accounting Pada Decision Making Konsumen. In Search, 16 (02). pp. 132-137. ISSN 2580 - 3239

[img] Text (ARTIKEL)
Proses Mental Accounting Pada Decision Making Konsumen.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://jurnalunibi.unibi.ac.id/ojs/index.php/in_s...

Abstract

Manusia sebagai homo economicus diharapakan dalam segala tindakan dan proses decision making selalu maksimal penggunaannya (maximising utility). Namun, individu dalam proses membuat judgment selalu dipengaruhi oleh beberapa heuristic dalam kognitif manusia yang berpengaruh pada keputusan yang diambil. Individu akan mengaktifkan mental accounting ketika memilih alternatif preferensi bahkan ketika preferensi tersebut dikemas dalam bingkai yang berbeda. Individu akan menciptakan mental accounting dalam mengevaluasi pilihan sampai proses pengambilan keputusan. Penelitian ini mencoba menguji kembali eksperimen yang dilakukan oleh Tversky dan Kahneman (1981) sebanyak 174 responden mahasiswa S1 dari berbagai disiplin ilmu dan universitas dengan tidak memasukkan variabel usia dan jenis kelamin. Responden diberikan pertanyaan yang dikemas dalam bingkao pertanyaan yang berbeda.Mayoritas responden lebih memilih untuk tidak pindah ke toko B atas penghematan 25ribu pada pembelian powerbank maupun laptop. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa tidak sepenuhnya manusia bertindak rasional seperti yang diusung oleh teori ekonomi.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI
Date Deposited: 06 May 2021 06:59
Last Modified: 06 May 2021 06:59
URI: http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/356

Actions (login required)

View Item View Item