Junjunan, Ilham Medal Psychology and Video Games. UNIBI Press. (In Press)
Text
buku unibi 2025.pdf Download (300kB) |
Abstract
Buku ini lahir dari keinginan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang peran dan hubungan psikologi dengan permainan video game. Permainan video atau gim video (bahasa Inggris: video game) adalah permainan elektronik yang melibatkan interaksi antarmuka pengguna atau perangkat masukan – seperti peranti tuas kendali, stik kendali (controller), papan tombol, maupun pengindra gerakan – untuk menghasilkan umpan balik visual. Umpan balik ini akan ditampilkan pada video perangkat layar, seperti perangkat TV, monitor, layar sentuh, atau perangkat jemala realitas. Permainan video sering kali dilengkapi dengan umpan balik audio melalui pengeras suara atau penyuara telinga (headphone), dan terkadang dengan jenis umpan balik lainnya, seperti teknologi haptic. Permainan video ditentukan berdasarkan pelantar mereka, yang mencakup permainan dingdong, permainan konsol, dan permainan untuk komputer pribadi (PC), semakin jauh permianan video game ini semakin berkembang selalin bisa memberikan efek positif misal sebagai alat pengukuran psikologis selain itu juga memiliki efek negatif yang harus dihindari.. Dalam Buku ini terdiri dari beberapa bab yang mengulas berbagai hal menarik dalam hubungan psikologi dan video game, mulai dari pengantar dalam video game hingga video game dan gangguan psikologis serta video game dan kesejahteraan diri . Semoga dengan buku ini, dapat memberikan khasanah baru bagi praktisi, peminat maupun pengguna keilmuan psikologi dan video game
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | lppm Universitas UNIBI |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 02:00 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 02:00 |
URI: | http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/759 |
Actions (login required)
View Item |