REPRESENTASI MITOS JAWA PADA IKLAN MARJAN (Studi Kualitatif Analisis Semiotika Roland Barthes Representasi Mitos Jawa Iklan Marjan 3 Episode Tahun 2022 di Media Youtube)

M KARIM, ASSIDIK (988245118311143) (2022) REPRESENTASI MITOS JAWA PADA IKLAN MARJAN (Studi Kualitatif Analisis Semiotika Roland Barthes Representasi Mitos Jawa Iklan Marjan 3 Episode Tahun 2022 di Media Youtube). Undergraduate Thesis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.

[img] Text
Cover.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (216kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (84kB)

Abstract

Iklan Marjan 3 episode tahun 2022 edisi Dewi Sri menggunakan cerita rakyat mitos Dewi Sri sebagai lokal heroes pada iklan ini. Iklan ini berusaha mengenalkan kembali budaya indonesia dengan mengangkat dari cerita rakyat mitos Dewi Sri, dengan dukungan visual beberapa budaya dan mitos Jawa yang di tampilkan dalam iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana makna tanda denotasi, makna tanda konotasi, dan mitos merepresentasikan mitos Jawa dalam iklan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika Roland Barthes. Teknik pengumpulan data primer pada penelitian ini yaitu menggunakan studi dokumentasi, sedangkan secara data sekunder peneliti menggunakan studi kepustakaan dari referensi buku dan internet searching. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data peneliti menggunakan teknik meningkatkan ketekunan. Hasil dari penelitian ini, berdasarkan makna denotasi pada iklan yaitu Dewi Sri di visualkan di sesuaikan dengan atribut merepresentasikan mitos pada masyarakat agraris Jawa. Makna konotasi dalam iklan ini mitos Jawa merupakan hal yang ada dalam budaya jawa dan mempunyai makna tentang kehidupan manusia, sedangkan mitos yang terkandung dalam iklan membentuk cerita rakyat mitos Dewi Sri bahwa representasi mitos jawa di gambarkan pada iklan ini berasal dari budaya Masyarakat agraris jawa. Kata Kunci: Iklan, Dewi Sri, Representasi, Mitos Jawa, Analisis Semiotika Roland Barthes

Item Type: Other
Additional Information: SKRIPSI PRODI ILMU KOMUNIKASI S1
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Komunikasi dan Desain > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI
Date Deposited: 15 May 2025 01:24
Last Modified: 15 May 2025 02:08
URI: http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/770

Actions (login required)

View Item View Item