AGUNG, HERMAWAN (9882405119311018) (2023) KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BIMBINGAN KONSELING DENGAN SISWA PELANGGAR TATA TERTIB (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Interpersonal Pada Program Bimbingan Individu Home Visit Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Pelanggar Tata Tertib Di Mts Negeri 3 Bandung). Undergraduate Thesis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (235kB) |
Abstract
Tata Tertib Siswa Di Mts Negeri 3 Bandung Sebagai Lembaga Pendidikan Menengah Pertama Yang Didasarkan Pada Nilai-Nilai Agama Islam Saat Ini Dihadapkan Pada Kasus Pelanggaran Tata Tertib. Dalam Hal Ini Guru Bk Berkomunikasi Secara Interpersonal Yang Baik Dan Mendalam Dengan Siswa Yang Melanggar Tata Tertib Menjadi Hal Yang Sangat Penting, Komunikasi Interpersonal Adalah Komunikasi Antara Seorang Komunikator Dan Seorang Komunikan Dalam Upaya Mengubah Sifat, Pendapat Dan Perilaku Seseorang. Dalam Hal Ini Di Mts Negeri 3 Bandung Melaksanakan Program Bimbingan Individu Home Visit. Tentunya Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Proses Komunikasi Interpersonal Guru Bimbingan Konseling Dengan Siswa Pelanggar Tata Tertib Pada Program Bimbingan Home Visit. Dan Untuk Mengetahui Kendala Apa Saja Yang Menghambat Proses Komunikasi Interpersonal Guru Bimbingan Konseling Dengan Siswa Pelanggar Tata Tertib Selama Program Bimbingan Home Visit. Metode Penelitian Ini Adalah Penelitian Kualitatif Dengan Pendekatan Penelitian Deskriptif. Data Yang Diperoleh Melalui Wawancara, Observasi, Dokumentasi Dan Studi Pustaka. Dari Hasil Penelitian Ini Diketahui Bahwa, Komunikasi Interpersonal Yang Dilakukan Guru Bimbingan Konseling Dengan Pendekatakan Keterbukaan (Openess) Guru Bk Menciptakan Ruang Untuk Siswa Berbicara, Empati (Empathy) Memahami Permasalahan Siswa, Dukungan (Supportiveness) Memotivasi Dan Apresiasi Kepada Siswa, Sikap Positif (Positiveness) Mencari Solusi Tanpa Menaruh Curiga Atau Menekan Siswa Dan Kesetaraan (Equality) Guru Menempatkan Dirinya Sebagai Teman Dengan Satu Tim Yang Bersama Mencari Solusi Atas Permasalahan Yang Timbul. Dengan Pendekatan Tersebut, Guru Bimbingan Konseling Dapat Mengarahkan Siswa Dan Siswa Mengalami Perubahan Perilaku Dan Lebih Disiplin Terhadap Tata Tertib Di Sekolah. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Program Bimbingan Konseling, Home Visit, Kedisiplinan, Siswa Pelanggar Tata Tertib
Item Type: | Other |
---|---|
Additional Information: | SKRIPSI PRODI ILMU KOMUNIKASI S1 |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Komunikasi dan Desain > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI |
Date Deposited: | 15 May 2025 06:58 |
Last Modified: | 15 May 2025 06:58 |
URI: | http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/788 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |