Analisis Framing Pemberitaan Mengenai Kenaikan Harga Bbm Di Media Online (Studi Framing Robert N. Entman Mengenai Pemberitaan Kenaikan Harga BBM pada Media Online Kumparan.com dan Kompas.com Periode 3 - 7 September 2022)

Yudi, Kurnia A. (98824051173111062) (2023) Analisis Framing Pemberitaan Mengenai Kenaikan Harga Bbm Di Media Online (Studi Framing Robert N. Entman Mengenai Pemberitaan Kenaikan Harga BBM pada Media Online Kumparan.com dan Kompas.com Periode 3 - 7 September 2022). Undergraduate Thesis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.

[img] Text
Cover.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (126kB)

Abstract

Pada 3 september 2022 pemerintah resmi menetapkan keputusan untuk menaikkan harga BBM. Kebijakan naiknya harga BBM yang ditetapkan oleh pemerintah ini mendapat sorotan dan kritik dari seluruh masyarakat di indonesia. Kenaikan Harga BBM menjadi isu sensitif yang melibatkan kepentingan seluruh masyarakat khususnya di Indonesia.. Akibat dari naiknya harga BBM tersebut menimbulkan sebuah pemberitaan di semua media massa. media berbasis digital atau media online Kumparan.com dan Kompas.com. Tujuan dari penelitian ini penulis ingin melakukan analisis bagaimana kedua media membingkai pemberitaan kenaikan harga BBM tersebut.Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan analisis framing model Robert N. Entman. untuk mengetahui bagaimana realitas peristiwa dibingkai oleh sebuah media. Hasil penelitian terhadap pemberitaan kumparan.com dan kompas.com ditemukan aspek yang ditonjolkan Pada define problem terkait adanya Kenaikan Harga BBM Kumparan.com memahami fenomena ini sebagai isu yang menjadi hambatan di tengah masyarakat,Pada Diagnose Causes atau yang ditunjuk sebagai masalah dalam pemberitaan ini yaitu pihak pemerintah. Kebijakan naiknya harga BBM diputuskan oleh pemerintah, Pada elemen make moral judgement atau penilaian moral atas naiknya harga BBM merupakan keputusan yang tidak tepat. Banyak masyarakat yang menilai bahwa naiknya hargga BBM akan menjadi pengaruh terhadap naiknya harga pada sektor jual beli dan bahan pokok masyarakat,Pada elemen Treatment Reccomendation atau rekomendasi penyelesaian masalah yaitu masyarkat berharap pemerintah mempertimbangkan kembali terkait kebijakan kenaikan harga BBM tersebut dengan matang dan logis. berita yang ada pada setiap media online merupakan hasil konstruksi realitas para pekerja media uraikan sedikit . Oleh karena itu, dapat dipahami bahwa bentuk berita dari setiap media dapat berbeda tergantung kecendrungan, keberpihakan dan ideologi masing masing media. Kata Kunci : Framing, Robert N. Entman, Kenaikan Harga BBM, Media Online, CNNIndonesia.com, Kompas.com.

Item Type: Other
Additional Information: SKRIPSI PRODI ILMU KOMUNIKASI S1
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Komunikasi dan Desain > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI
Date Deposited: 20 Jun 2025 08:10
Last Modified: 20 Jun 2025 08:10
URI: http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/884

Actions (login required)

View Item View Item