Pengaruh Konten Review Skincare Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pada Channel Youtube (Studi Eksplanatif Mengenai Pengaruh Konten Review Skincare Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Komentator Pada Video “Under 50rb! Rating The Originote (Acne Prone & Oily Combi)” Di Channel Youtube @Maryangline Periode 9 Maret - 31 Agustus 2023)

Denay, Melinda (9882405119311013) (2023) Pengaruh Konten Review Skincare Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pada Channel Youtube (Studi Eksplanatif Mengenai Pengaruh Konten Review Skincare Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Komentator Pada Video “Under 50rb! Rating The Originote (Acne Prone & Oily Combi)” Di Channel Youtube @Maryangline Periode 9 Maret - 31 Agustus 2023). Undergraduate Thesis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.

[img] Text
Cover.pdf

Download (120kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (139kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (303kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (235kB)

Abstract

Beauty Vlogger merupakan seorang konten kreator yang memberikan suatu informasi kecantikan kepada penontonnya seperti halnya merekomendasikan suatu produk kecantikan atau memberikan ulasan mengenai produk kecantikan. Salah satu beauty vlooger Indonesia yaitu Mary Angline. Mary Angline ini rutin membuat konten video mereview atau mengulas sebuah produk kecantikan yaitu salah satunya skincare untuk pemenuhan kebutuhan informasi penontonya, para penonton yang menonton konten video Mary Angline juga melakukan komentar pada fitur balas komentar di video Mary Angline. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten review skincare terhadap pemenuhan kebutuhan informasi komentator pada video “Under 50rb! Rating The Originote (acne prone & oily comby)”. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu konten review dengan sub variabel pesan, daya tarik pesan, terhadap pemenuhan kebutuhan informasi komentator, kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, kebutuhan pribadi secara integrative, kebutuhan sosial secara integratif, kebutuhan pelepasan. Teori yang digunakan adalah teori uses and gratifications. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan studi eksplanatif. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert. Penelitian dilakukan kepada responden yang merupakan komentator pada video “Under 50rb! Rating The Originote (acne prone & oily comby)” dengan jumlah sampel 123 orang berdasarkan rumus slovin dengan error tolerance sebesar 5%. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh konten review skincare terhadap pemenuhan kebutuhan informasi komentator pada video “Under 50rb! Rating The Originote (acne prone & oily comby)” dengan besar pengaruh 59,5%. Faktor konten review yang paling besar mempengaruhi pemenuhan kebutuhan informasi komentator adalah pengaruh visual terhadap kebutuhan kognitif dengan nilai t hitung (13,877) > t tabel (1,980). Kata kunci: Beauty Vlogger, Komentator, Konten review, Mary Angline, Pemenuhan Kebutuhan Informasi, Youtube.

Item Type: Other
Additional Information: SKRIPSI PRODI ILMU KOMUNIKASI S1
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Komunikasi dan Desain > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI
Date Deposited: 23 Jun 2025 04:43
Last Modified: 23 Jun 2025 04:43
URI: http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/887

Actions (login required)

View Item View Item