Seni, Satria Mukti Nur Sakinah (9882405119311078) (2023) Strategi Public Relations Kedinasan Dalam Kegiatan Penghijauan (Studi Kasus Mengenai Strategi Public Relations Oleh Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Melalui Corporate Social Responsibility Dalam Gerakan Jum’at Menanam). Undergraduate Thesis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (237kB) |
Abstract
Corporate Social Responsibility merupakan tanggung jawab sebuah organisasi pada masyarakat dan lingkungan. Program CSR juga dilakukan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat yang dinamai Gerakan Jum’at Menanam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses tahapan dan penerapan prinsip Corporate Social Responsibility, juga untuk mengetahui alasan Gerakan Jum’at Menanam menjadi program rutin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Perolehan data penelitian ini mendapatkan hasil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada tahap perencanaan yaitu menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Jawa Barat tentang implementasi GTTP Di Lahan Kritis Jawa Barat, melakukan rapat internal untuk meninjau lahan kritis, melakukan survei untuk menentukan bibit yang ditanam. Tahap implementasi membentuk sebuah tim, melakukan pengarahan untuk merawat pohon. Tahap evaluasi dilakukan diakhir tahun untuk melihat perkembangan bibit. Tahap pelaporan melalui website Si Mantri Bibit dan Si Mantap. Penerapan prinsip CSR meliputi planet, mengadakan Gerakan Jum’at Menanam. People, pihak yang terlibat diantaranya Sekolah se Jawa Barat, Aparat Desa, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), hingga Influencer. Profit, hasil panen dapat digunakan oleh masyarakat untuk menumbuhkan perekonomian. Sustainability, melakukan pemberdayaan dengan merawat bibit. Accontibility, memonitoring kondisi bibit yang ditanam. Transparency, memberikan manfaat bagi pihak-pihak yang terlibat. Adapun alasan Gerakan Jum’at Menanam menjadi program rutin karena kondisi lahan kritis di Jawa Barat mencapai 907.683,67 hektare, sehingga perlu penanganan yang konsisten. Kata Kunci: CSR, Penanaman, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat
Item Type: | Other |
---|---|
Additional Information: | SKRIPSI PRODI ILMU KOMUNIKASI S1 |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Komunikasi dan Desain > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 06:52 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 07:03 |
URI: | http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/936 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |