Hubungan Antara Self Regulated Learning Dengan Prokrastinasi Akademik Dimasa Pembelajaran Daring Pada Siswa Kelas Xii Sma Negeri 1 Ciawigebang

Imatul, Anam (9882405117411023) (2021) Hubungan Antara Self Regulated Learning Dengan Prokrastinasi Akademik Dimasa Pembelajaran Daring Pada Siswa Kelas Xii Sma Negeri 1 Ciawigebang. Undergraduate Thesis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.

[img] Text
Cover.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (178kB)

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan suatu kecenderungan dalam menunda-nunda aktivitas yang berkaitan dengan akademik. Siswa dalam proses belajarnya membutuhkan kemampuan self regulated learning yang membantu siswa dalam mengelola pikiran, perilaku, dan emosi agar mereka dapat berhasil mengarahkan proses belajar menuju tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara self regulated learning dengan prokrastinasi akademik dimasa pembelajaran daring pada siswa kelas XII SMAN 1 Ciawigebang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional yaitu untuk melihat hubungan antara variabel self regulated learning dengan prokrastinasi akademik dimasa pembelajaran daring pada siswa kelas XII SMAN 1 Ciawigebang. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner yang dibuat dalam bentuk google from. Alat ukur variabel self regulated learning berdasarkan teori Zimmerman (2011) dan untuk variabel prokrastinasi akademik berdasarkan teori McCloskey (2011). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara self regulated learning dengan prokrastinasi akademik dimasa pembelajaran daring pada siswa kelas XII SMAN 1 Ciawigebang, dengan nilai rs = -0,800. Semakin rendah self regulated learning maka akan semakin tinggi prokrastinasi akademik pada siswa kelas XII SMAN 1 Ciawigebang. Begitupun sebaliknya, semakin tinggi self regulated learning maka akan semakin rendah prokrastinasi akademik pada siswa kelas XII SMAN 1 Ciawigebang. Kata kunci : self regulated learning, prokrastinasi akademik, siswa SMA kelas XII

Item Type: Other
Additional Information: SKRIPSI PRODI PSIKOLOGI S1
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI
Date Deposited: 16 Jul 2025 04:25
Last Modified: 16 Jul 2025 04:25
URI: http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/956

Actions (login required)

View Item View Item