PENGARUH MOTIF PENGGUNAAN MEDIA PADA VIDEO CHANNEL YOUTUBE GADGETIN “RP.5.2 JUTA!UNBOXING OPPO RENO3 INDONESIA” TERHADAP KEPUASAN KOMENTATOR

Muhammad, Fachrurrozy and Rachmawati, Windyaningrum and Faisal, Reza (2020) PENGARUH MOTIF PENGGUNAAN MEDIA PADA VIDEO CHANNEL YOUTUBE GADGETIN “RP.5.2 JUTA!UNBOXING OPPO RENO3 INDONESIA” TERHADAP KEPUASAN KOMENTATOR. In Search. pp. 55-67. ISSN 2088-2068

[img] Text (ARTIKEL)
PENGARUH MOTIF PENGGUNAAN MEDIA PADA VIDEO CHANNEL YOUTUBE.pdf

Download (336kB)
Official URL: http://insearch.unibi.ac.id/jurnal/290/detail/peng...

Abstract

Motif Penggunaan Media adalah motif yang mendorong seseorang mengonsumsi media. Motif Penggunaan Media dibentuk dari kepercayaan seseorang mengenai informasi dari media yang diberikan dan evaluasi seseorang mengenai isi media. Salah satu channel youtube tentang teknologi yaitu Gadgetin yang membahas tentang smartphone membuat para komentator dalam channel tersebut memiliki suatu motif atau keinginan dalam menonton video-video dari Gadgetin. Maka dari itu dibuatlah video Unboxing Oppo Reno3 yang menjadi trending di youtube Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motif Penggunaan Media terhadap kepuasan komentator. Teori yang digunakan adalah Teori Pengharapan Nilai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan metode eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah para komentator dalam video unboxing Oppo Reno3 pada channel youtube Gadgetin sebanyak 4067 komentar hingga bulan Mei 2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling kepada 364 responden. Instrumen dari penelitian ini sudah di uji coba menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Adapun uji-uji yang digunakan adalah uji deskriptif, uji normalitas Kolmogorov-smirnov, uji homogenitas Levene Statistic, Uji Regresi Linier Sederhana dan Uji Linieritas. Hasil dari penelitian ini menunjukan berdasarkan uji korelasi yang mendapatkan nilai sebesar 0,589 artinya hubungan yang didapat dengan kekuatan sedang. Sedangkan hasil uji regresi linier sederhana yang didapat dari nilai RSquare sebesar 0,347 artinya variabel motif penggunaan media berpengaruh terhadap kepuasan sebesar 34,7%. Hasil dari uji linieritas memberikan nilai Sig. dari Linierity sebesar 0,000 < 0,05 artinya terdapat hubungan yang linier antara variabel motif penggunaan media dan kepuasan. Dari hipotesis yang telah dibuat dalam uji Statistik F diperoleh niai sig. sebesar 0.000 < 0.05 maka H0 Ditolak Ha Diterima, artinya terdapat pengaruh motif penggunaan media pada video channel youtube Gadgetin “Rp.5.2 Juta!Unboxing Oppo Reno3 Indonesia!” Terhadap Kepuasan Komentator.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Komunikasi dan Desain > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI
Date Deposited: 28 Apr 2021 07:07
Last Modified: 28 Apr 2021 07:07
URI: http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/118

Actions (login required)

View Item View Item