Pola Komunikasi Guru Dalam Mengatasi Gangguan Komunikasi Murid-Murid Berkebutuhan Khusus

Taufiq, Hilmi Fadhillah (9882405117311021) (2021) Pola Komunikasi Guru Dalam Mengatasi Gangguan Komunikasi Murid-Murid Berkebutuhan Khusus. Undergraduate Thesis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.

[img] Text
Cover.pdf

Download (37kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (30kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (117kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (31kB)

Abstract

Pola komunikasi adalah bentuk hubungan antara dua orang atau lebih yang menjadi langkah-langkah penting atas terjadinya hubungan komunikasi antar organisasi ataupun juga manusia. Objek penelitian ini berada di SLB G YBMU Baleendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan bahasa antara guru dengan murid berkebutuhan khusus, untuk mengetahui tahapan komunikasi secara verbal, untuk menjelaskan pengalaman yang dirasakan ketika berinteraksi dengan murid berkebutuhan khusus, untuk menjelaskan gangguan komunikasi yang dialami guru dan cara mengatasi gangguan komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori fenomenologi dari Alfred Schutz. Teknik penentuan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan penggunaan bahasa yang dipakai ketika berinteraksi yaitu murid berkebutuhan khusus yang memiliki gangguan tuna rungu menggunakan bahasa nonverbal sedangkan yang tidak memiliki gangguan tuna rungu, umumnya menggunakan bahasa verbal, tahapan komunikasi umumnya menggunakan pola komunikasi secara sirkular, sementara pengalaman yang dirasakan guru-guru yaitu merasakan perasaan menarik, tertantang dan menikmati setiap proses perkembangan murid-murid, adapun yang menjadi gangguan adalah terbatasnya pengetahuan tentang kosa kata dan kekurangan dari tubuh murid itu sendiri sementara cara mengatasinya yaitu dengan memberikan pemahaman kembali dan memberika kosa kata baru. Kata Kunci: pola komunikasi, murid berkebutuhan khusus, pengalaman, gangguan komunikasi.

Item Type: Other
Additional Information: SKRIPSI PRODI ILMU KOMUNIKASI S1
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Komunikasi dan Desain > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI
Date Deposited: 20 Mar 2024 09:09
Last Modified: 20 Mar 2024 09:09
URI: http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/592

Actions (login required)

View Item View Item