Hubungan Motif Penggunaan Media Garuda Radio Visual Di Programacara Napak Tilasdengantingkat Pengetahuan Pendengardi Bandung (Studi Eksplanatif Kuantitatif Hubungan Motif Penggunaan Media Garuda Radio Visual Dalam Program Acara Napak TilasDengan Tingkat Pengetahuan Pendengar Di Bandung)

SALMA, HIKMATUL KHAMILA (9882405117311057) Hubungan Motif Penggunaan Media Garuda Radio Visual Di Programacara Napak Tilasdengantingkat Pengetahuan Pendengardi Bandung (Studi Eksplanatif Kuantitatif Hubungan Motif Penggunaan Media Garuda Radio Visual Dalam Program Acara Napak TilasDengan Tingkat Pengetahuan Pendengar Di Bandung). Undergraduate Thesis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.

[img] Text
Cover.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (255kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (301kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (199kB)

Abstract

Motif penggunaan media adalah sebuah bentuk dari kebutuhanseseorang akan suatu media, khalayak akan memilh suatu media yang dianggap mampu memenuhi kebutuhan informasinya. Adanya motif penggunaan media akanmemberikan efek terhadap khalayak seperti; efek kognitif (pengetahuan), efek afektif (perasaan) dan efek behavior (sikap). Salah satu contoh motif penggunaan media adalah para pendengar Garuda Radio Visual terhadap program acara Napak Tilasyang memberikan materi kebudayaan Sunda di setiap siarannya. Para pendengar dapat mengetahui, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, menyimpulkan serta mengevaluasi materi kebudayaan Sunda setelah mendengarkan program acara Napak Tilas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motif penggunaan media dengan pengetahuan pendengar Garuda Radio Visual di program acara Napak Tilas. Teori yang digunakan adalah teori uses and effectsdari Sven Windahl. Metode penelitianyang digunakan kuantitatif dengan desain penelitian eksplanatif dan menggunakan uji korelasi pearson product moment dan uji hipotesis. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik random sampling kepada 85 responden pendengar program acara Napak Tilas yang memberikan umpan balik kepada Garuda Radio Visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motif penggunaan media dengan pengetahuan memiliki nilai R yakni 0,606 dan diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,601 yang menunjukkan bahwa hubungan variabel motif penggunaan media dengan variabel pengetahuan adalah sebesar 60,6%. Dengan menggunakan rumus product moment dan tingkat signifikansi sebesar 5% dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang mengartikan bahwa terdapat hubungan cukup kuat antara motif penggunaan media dengan pengetahuan para pendengar Garuda Radio Visual di program acara Napak Tilas. Kata Kunci: Motif, Napak Tilas, Pengetahuan, Penggunaan Media, Radio.

Item Type: Other
Additional Information: SKRIPSI PRODI ILMU KOMUNIKASI S1
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Komunikasi dan Desain > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI
Date Deposited: 21 Mar 2024 11:48
Last Modified: 21 Mar 2024 11:48
URI: http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/607

Actions (login required)

View Item View Item