MUHAMAD, IQBAL NUGRAHA (9882405220111017) (2024) Analisis Sentimen Terhadap Permintaan Informasi Produk Pada Platform Toko Online Menggunakan Algoritma Support Vector Machine Dengan Optimasi Particle Swarm Optimization Studi Kasus: Twoseasons. Undergraduate Thesis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.
Text
Cover.pdf Download (72kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (65kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (188kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (205kB) |
Abstract
Pemanfaatan teknologi dalam bidang perdagangan dan penjualan diantaranya Toko Online semakin berkembang. Informasi produk berperan penting untuk membangun kepercayaan konsumen ketika menentukan keputusan dalam pembelian produk. Oleh karena itu, diperlukan analisis klasifikasi Sentimen untuk membantu calon konsumen untuk menarik kesimpulan. Analisis sentiment bertujuan untuk menyimpulkan dan mengidentifikasi pada data dan mengklasifikasikan polaritas. Maka dari itu dibutuhkan klasifikasi sentiment permintaan informasi pada toko online dengan menggunakan Algoritma SVM yang dioptimasi PSO. Berdasarkan hasil pengolahan data didapatkan bahwa sentiment positif terhadap permintaan informasi sebanyak 26.8%, sentimen negatif terhadap permintaan informasi sebanyak 31.8%, dan sentimen netral terhadap permintaan informasi sebanyak 41.4%. Dengan tingkat akurasi 56.93% maka dapat disimpulkan bahwa pertanyaan informasi produk pada toko online cenderung memiliki sentimen netral. Kata Kunci: Analisis Klasifikasi Sentimen, Particle Swarm Optimization, Toko Online, Support Vector Machine, Teks Pemintaan Informasi.
Item Type: | Other |
---|---|
Additional Information: | SKRIPSI PRODI INFORMATIKA S1 |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknologi dan Informatika > Informatika |
Depositing User: | PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 09:10 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 04:46 |
URI: | http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/727 |
Actions (login required)
View Item |