Ridho, Hakim Setyaputra (9882405119311109) (2024) Pola Komunikasi Guru Kepada Anak Usia Dini (Studi Deskriptif Pola Komunikasi Guru Kepada Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Akademis Di Paud Bimba Aiueo Bekasi Utara). Undergraduate Thesis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (178kB) |
Abstract
PAUD biMBA AIUEO adalah lembaga pendidikan anak usia dini nonformal yang membimbing minat belajar anak dengan menyesuaikan materi sesuai kemampuan masing-masing anak dan mengedepankan kesabaran guru dalam mendidik anak usia dini yang emosinya belum stabil. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bentuk pola komunikasi guru apa yang diterapkan oleh guru kepada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dimana data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru-guru dan anak-anak di PAUD biMBA AIUEO. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang dominan digunakan adalah komunikasi primer yang terdiri dari simbol verbal dan nonverbal. Guru-guru menggunakan metode Small Step System, Fun Learning, dan Individual System dalam mengajarkan materi kepada anak-anak. Penggunaan simbol jari sebagai alat bantu berhitung, bernyanyi, dan membaca, serta teknik komunikasi yang interaktif dan menyenangkan. Kesimpulannya, pola komunikasi yang baik dan sesuai dengan kebutuhan anak usia dini dapat meningkatkan pembelajaran dan membantu perkembangan kognitif serta sosial mereka. Hambatan yang di miliki dari penelitian ini yaitu mood anak yang mudah berubah, anak yang belum terbiasa di tinggal oleh orang tua nya pada proses belajar mengajar berlangsung dan anak yang sulit di atur pada proses pembelajaran berlangsung. Selain itu fasilitas yang dapat membantu proses interaksi komunikasi guru dengan siswa dengan dilakukan menyediakan modul Latihan belajar dan puzzle sebagai media bantu dengan berbagai tahapan level yang dimiliki oleh setiap siswa dalam proses belajar mengajar secara berlangsung. Kata Kunci: Small Step System, Fun Learning, Guru, Individual System, Pola Komunikasi,
Item Type: | Other |
---|---|
Additional Information: | SKRIPSI PRODI ILMU KOMUNIKASI S1 |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Komunikasi dan Desain > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 08:45 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 08:45 |
URI: | http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/876 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |