Pola Komunikasi Antarpribadi Guru Pada Murid Tunarungu Berprestasi (Studi Kasus Mengenai Pola Komunikasi Antarpribadi Guru Pada Murid Tunarungu Dalam Meraih Prestasi Di Bidang Seni Tari Di Sekolah Luar Biasa Negeri Cicendo Bandung)

Salma, Nurul Khalida (9882405119311119) (2023) Pola Komunikasi Antarpribadi Guru Pada Murid Tunarungu Berprestasi (Studi Kasus Mengenai Pola Komunikasi Antarpribadi Guru Pada Murid Tunarungu Dalam Meraih Prestasi Di Bidang Seni Tari Di Sekolah Luar Biasa Negeri Cicendo Bandung). Undergraduate Thesis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.

[img] Text
Cover.pdf

Download (108kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (365kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (243kB)

Abstract

SLB Negeri Cicendo merupakan salah satu sekolah yang membantu kebutuhan siswa tunarungu yaitu pada bidang akademik maupun non-akademik dengan menyediakan fasilitas fasilitas untuk menunjang bakat yang dimiliki oleh siswanya. Salah satu prestasi yang didapatkan yaitu bidang seni tari di SLB Negeri Cicendo didapatkan oleh siswa yang bernama Mayza Mirakela Nur pada kegiatan Ajang Kreasi Dan Apresiasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola komunikasi antarpribadi guru pada murid tunarungu dalam meraih prestasi di bidang seni tari di Sekolah Luar Biasa Negeri Cicendo. Adapun penelitian ini menggunakan teori konsep pola komunikasi bintang menurut Devito, dengan metode penelitian kualitatif dan desain penelitian studi kasus. Hasil yang didapatkan yaitu Pertama, pendekatan komunikasi antarpribadi yang dilakukan guru pada murid tunarungu SLB Negeri Cicendo yaitu dengan menggunakan empat teknik diantaranya, Pendekatan informatif, Pendekatan dialogis, Pendekatan persuasif, Pendekatan Instruktif. Kedua, Hambatan komunikasi antarpribadi yang terjadi antara guru dengan murid tunarungu SLB Negeri Cicendo adalah Hambatan fisiologis. Hambatan ini merupakan hambatan fisik yakni hilangnya kemampuan mendengar pada murid tunarungu. Ketiga, Alasan penerapan pola komunikasi bintang yang dilakukan guru pada murid tunarungu SLB Negeri Cicendo murid tunarungu merasa tidak malu untuk bertanya ataupun berpendapat dan dapat membantu murid tunarungu mengungkapkan mengenai hal yang dirasakan oleh murid tunarungu Kata Kunci : Pola Komunikasi Antarpribadi, Anak Turanunggu, Gangguan Komunikasi

Item Type: Other
Additional Information: SKRIPSI PRODI ILMU KOMUNIKASI S1
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Komunikasi dan Desain > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI
Date Deposited: 08 Jul 2025 04:41
Last Modified: 08 Jul 2025 07:07
URI: http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/934

Actions (login required)

View Item View Item