Fika, Dwicahyani Nugroho (9882405118411011) (2022) Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Impulsive Buying Pengguna E-Commerce Pada Mahasiswa Di Kota Bandung. Undergraduate Thesis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (178kB) |
Abstract
Munculnya Hedonic Shopping Motives dapat mengubah perilaku berbelanja seseorang di luar dari intensitas kebutuhan sehingga menyebabkan perilaku Impulsive Buying. Perilaku Impulsive Buying yang di dorong oleh Hedonic Shopping Motives juga kerap di lakukan oleh mahasiswa. Mahasiswa yang masih dalam masa peralihan dan suka mencari kesenangan salah satunya dengan berbelanja di e-commerce. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Hedonic Shopping Motives terhadap Impulsive Buying pada mahasiswa pengguna E-commerce. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif non-eksperimental yang menjelaskan atau membuktikan hubungan atau pengaruh antar variabel independen dan dependen. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 126 responden dimana penyebaran kuesioner dilaksanakan di sekitaran kota Bandung. Pengambilan sampel menggunakan metode nonprobabilty sampling dengan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu Hedonic Shopping Motives dengan Impulsive Buying Tendency. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana dengan menggunakan SPSS versi 25. Secara keseluruhan, hedonic shopping motives berpengaruh terhadap impulsive buying diikuti dengan dimensi yang berpengaruh secara signifikan. Hasil analisis yang didapat dalam penelitian ini adalah Gratification Shopping, Idea Shopping Adventure Shopping, Social Shopping, Role Shopping, Value Shopping berpengaruh signifikan terhadap Impulsive Buying. Kata kunci: Hedonic Shopping Motives, Impulsive Buying, Pengguna ecommerce, Mahasiswa kota Bandung.
Item Type: | Other |
---|---|
Additional Information: | SKRIPSI PRODI PSIKOLOGI S1 |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 09:52 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 09:52 |
URI: | http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/945 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |