Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Konflik Peran Pada Mahasiswa Anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi Kota Bandung

Rika, Salviana Hidayat (9882405116411008) (2021) Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Konflik Peran Pada Mahasiswa Anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi Kota Bandung. Undergraduate Thesis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.

[img] Text
Cover.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (73kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (79kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya mahasiswa yang menjalankan kuliah dan usaha. Mereka perlu meregulasi diri dalam upaya mencapai tujuan dari kedua peran dan menghindari terjadinya konflik peran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi hubungan antara regulasi diri dengan konflik peran pada mahasiswa anggota HIPMI PT Kota Bandung. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian sebanyak 84 orang dengan teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh dimana sampel merupakan keseluruhan anggota populasi. Alat ukur yang digunakan adalah skala regulasi diri (21 aitem valid; α = 0,718) dan skala konflik peran (15 aitem valid; α = 0,809). Hasil penelitian ini yaitu hasil uji korelasi Spearman’s menunjukkan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara regulasi diri dengan konflik peran (r= -0,479; Sig. 0,001). Maka dari hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa semakin tinggi regulasi diri maka semakin rendah konflik peran. Semakin rendah regulasi diri maka semakin tinggi konflik peran. Kata Kunci: Regulasi diri, Konflik peran, Mahasiswa, Pengusaha

Item Type: Other
Additional Information: SKRIPSI PRODI PSIKOLOGI S1
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI
Date Deposited: 16 Jul 2025 03:58
Last Modified: 16 Jul 2025 03:58
URI: http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/955

Actions (login required)

View Item View Item