Farhat, Rizky Miftahul Ikhsan(9882405118311009) (2024) Strategi Komunikasi Interpersonal Ng.Wash Dalam Menarik Konsumen Baru ( Studi Kasus Strategi Komunikasi Interpersonal Ng.Wash Dalam Menarik Konsumen Baru Di Kota Bandung ). Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.
![]() |
Text
cover.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
bab1.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (119kB) |
Abstract
Penelitian ini menyelidiki peran penting strategi komunikasi interpersonal dalam meningkatkan daya tarik dan loyal konsumen di Ng’wash, layanan cuci sepeda motor yang berada di Kota Bandung di tengah tantangan ekonomi yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi interpersonal dapat menarik minat konsumen baru. Pendekatan penelitian dengan studi kasus dengan metodologi penelitian kualitatif, data diperoleh melalui wawancara kepada informan dan observasi. Ng’wash menjadi pembeda dengan tempat cuci lainnya, dikarenakan pemilik melakukan pendekatan menggunakan komunikasi interpersonal. Mengungkap dalam bisnis Ng’wash berhasil menggunakan komunikasi untuk mengatasi keluhan konsumen. Penelitian ini menggunakan wawancara dan teknik observasi untuk mengumpulkan data yang kaya dan terperinci mengenai pengalaman dan persepsi konsumen. Dengan menggunakan wawancara dan teknik observasi berfokus pada konsumen menafsirkan upaya komunikasi Ng’wash dan menimbulkan stigma positif dan mengambil keputusan mereka untuk menggunakan layanan bisnis tersebut. Observasi memberikan konteks tambahan, menangkap interaksi secara langsung. Temuan ini menggarisbawahi strategi komunikasi interpersonal Ng’wash yang mencakup keterbukaan, empati, sikap mendukung, rasa positif dan kesetaraan, penjelasan prosedur layanan yang jelas, dan respon proaktif terhadap umpan balik konsumen dapat berhasil. Studi ini menyimpulkan elemen-elemen kunci keberhasilan komunikasi, seperti peran pemilik dalam berinteraksi langsung dengan konsumen, memberikan jaminan yang menumbuhkan kepercayaan. Sehingga pada akhirnya konsumen baru menjadi memiliki loyalitas dalam menggunakan jasa Ng’wash. Kata Kunci: Ciri – Ciri Komunikasi Interpersonal, Komunikasi, Konsumen, Loyalitas, Ng’wash, Strategi Komunikasi
Item Type: | Other |
---|---|
Additional Information: | SKRIPSI PRODI ILMU KOMUNIKASI S1 |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Komunikasi dan Desain > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 03:37 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 03:37 |
URI: | http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/994 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |