Representasi Pesan Edukasi Anti Cyberbullying Dalam Film Pendek Di Media Sosial (Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Representasi Pesan Edukasi Anti Cyberbullying dalam Film Pendek “Dunia Agnes” di Media Sosial YouTube Cerdas Berkarakter Kemdikbud RI)

Fetawa, Amani Aziz(9882405120311011) (2024) Representasi Pesan Edukasi Anti Cyberbullying Dalam Film Pendek Di Media Sosial (Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Representasi Pesan Edukasi Anti Cyberbullying dalam Film Pendek “Dunia Agnes” di Media Sosial YouTube Cerdas Berkarakter Kemdikbud RI). Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.

[img] Text
cover.pdf

Download (123kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (186kB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (217kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (172kB)

Abstract

Cyberbullying telah menjadi ancaman serius di era digital, terutama di kalangan remaja. Film pendek, sebagai media komunikasi yang kuat, dapat digunakan untuk menyampaikan pesan edukasi anti cyberbullying secara efektif. Penelitian ini berfokus pada representasi pesan edukasi anti-cyberbullying dalam film pendek "Dunia Agnes" yang diunggah di YouTube oleh Cerdas Berkarakter Kemdikbud RI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana makna tanda denotasi, makna tanda konotasi, dan mitos merepresentasikan pesan edukasi anti cyberbullying dalam film tersebut. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan semiotika Roland Barthes.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi karena objek penelitian merupakan dokumen yaitu film pendek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film pendek "Dunia Agnes" berhasil merepresentasikan pesan edukasi anti cyberbullying melalui tanda denotasi, konotasi, dan mitos. Representasi denotasi ditunjukkan melalui adeganadegan yang secara eksplisit menggambarkan bentuk-bentuk cyberbullying, dampaknya pada korban, serta pentingnya dukungan sosial dan perlawanan terhadap cyberbullying. Representasi konotasi terlihat melalui penggunaan simbolisme, warna, dan musik yang memperkuat pesan emosional dan psikologis dari film. Representasi mitos membongkar berbagai anggapan keliru tentang cyberbullying, seperti menganggapnya sebagai "candaan" belaka atau bahwa korban harus diam saja. Sehingga dalam film pendek “Dunia Agnes” secara keseluruhan memberikan representasi pesan edukasi anti cyberbullying dengan menggambarkan dampak negatif cyberbullying pada korban, pentingnya melawan cyberbullying, pentingnya peran dukungan sosial terhadap korban, dan juga perlunya perubahan persepsi masyarakat agar tidak menyepelekan lagi cyberbullying. Film pendek "Dunia Agnes" efektif dalam menyampaikan pesan edukasi anti cyberbullying melalui pendekatan semiotika yang komprehensif. Film ini tidak hanya menyoroti dampak negatif cyberbullying, tetapi juga memberikan solusi dan harapan bagi korban, serta mendorong perubahan persepsi dan perilaku masyarakat terhadap isu ini. Kata Kunci: Anti Cyberbullying, Film Pendek, Pesan Edukasi, Representasi, Semiotika Roland Barthes

Item Type: Other
Additional Information: SKRIPSI PRODI ILMU KOMUNIKASI S1
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Komunikasi dan Desain > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI
Date Deposited: 25 Aug 2025 04:02
Last Modified: 25 Aug 2025 04:02
URI: http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/996

Actions (login required)

View Item View Item