Nichi, Hana Karlina (2018) ANALISIS SEMIOTIKA DAN PESAN SOSIALPADA IKLANCOCA-COLAVERSIAVATAR. ARTCOMM, 01 (01). 07-16. ISSN 2597 - 5188
Text (ARTIKEL)
ANALISIS SEMIOTIKA DAN PESAN SOSIAL PADA IKLAN COCA-COLA VERSI AVATAR.pdf Download (180kB) |
Abstract
Fokus penelitian ditetapkan pada Analisis Semiotika Iklan Coca - Cola versi Avatar mengenai pesan tersembunyi tentang keprihatihan sosial akan dampak perkembangan teknologi yang telah merubah masyarakat menjadi anti - sosial. Untuk mendukung penelitian ini penulis menggunakan teori dari Charles Sander Pierce yang mengklasifikasi jenis tanda berdasarkan objek kedalam tiga jenis, yaitu icon, index dan symbol. Dengan teori Pierce tersebut m akna tanda - tanda yang terkandung didalam iklan Coca - Cola Versi Avatar akan di analisis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan semiologi komunikasi. Data penelitian ini merupakan data kualitatif sehingga data bersifat kategori substansif yang kem udian diinterpretasikan dengan rujukan referensi - referensi ilmiah. Coca - Cola Company juga ingin menyampaikan informasi bahwa di dalam era globalisasi/jaman milenial ini, banyak konsep - konsep sosial, seperti integrasi, kesatuan, persatuan, nasionalisme da n solidaritas, tampak semakin kehilangan realitas sosialnya dikarenakan dari penggunaan perangkat teknologi yang berlebihan. Berbagai realitas sosial yang berkembang dalam skala global, khusunya sebagai akibat dari kemajuan teknologi informasi, justru men ggiring ke akhir sosial.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Komunikasi dan Desain > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 05:57 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 08:57 |
URI: | http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/201 |
Actions (login required)
View Item |