Maya, Oktaviani and Dikdik, Purwadisastra (2016) PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Online Shop). In Search (Informatic, Science, Entrepreneur, Applied Art, Research, Humanism), 14. pp. 18-32. ISSN 2085-7993
Text (ARTIKEL)
PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Online Shop).pdf Download (697kB) |
Abstract
Kualitas suatu produk sangat penting didalam perusahaan, karena menyangkut kepercayaan terhadap produk dan perusahaan sebagai produsen. Dengan demikian perbaikan mutu suatu produk menunjukkan bahwa suatu perusahaan yang berhasil, akan mengutamakan kepentingan konsumen. Dalam hal ini terdapat tujuh indikator penting didalam variabel (X) yaitu kinerja, daya tahan, kesesuaian dengan spesifikasi, fitur, keandalan, estetika, dan kesan kualitas. Serta variabel (Y) kepuasan konsumen dengan tiga indikator yaitu nilai konsumen, respon konsumen, dan persepsi konsumen. Kedua variabel tersebut menjadi dasar untuk menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen online shop. Hasil dari penelitian ini adalah ternyata kualitas produk berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, karena dari hasil perhitungan regresi linear yaitu Y= 4,119 + 0,374X menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen sebesar 0,374 yang berarti apabila setiap penambahan 1 satuan kualitas produk akan menaikan kepuasan konsumen sebesar 0,374. Hasil analisis korelasi sebesar 0,659, hal ini menunjukan hubungan kedua variabel tersebut berkorelasi hubungan yang kuat karena berada pada interval 0,60−0,799. Koefisien determinasi diperoleh nilai KD = 0,434 atau 43,4%. Nilai ini menunjukkan besarnya kontribusi Kualitas Produk (X) terhadap Kepuasan konsumen (Y) sebesar 43,4%. Pengaruh faktor-faktor lain yang tidak di amati oleh peneliti adalah sebesar (100% - 43,4% = 56,6%). Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh nilai t hitung > t tabel (9,272 > 1,981) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa Kualitas Produk memiliki pengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI |
Date Deposited: | 04 May 2021 03:41 |
Last Modified: | 04 May 2021 03:41 |
URI: | http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/296 |
Actions (login required)
View Item |