PROSES KOMUNIKASI PEMASARAN PROGRAM PSIKOTES PENDIDIKAN (Studi Kasus Proses Personal selling Program Psikotes Pendidikan PT. Kilau Gemilang Di SMPN 52 Bandung)

YOHANES, BAGAS DEWANTORO (9882405219311016) (2024) PROSES KOMUNIKASI PEMASARAN PROGRAM PSIKOTES PENDIDIKAN (Studi Kasus Proses Personal selling Program Psikotes Pendidikan PT. Kilau Gemilang Di SMPN 52 Bandung). Undergraduate Thesis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.

[img] Text
Cover.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (303kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (218kB)

Abstract

Psikotes anak SMP memiliki peran penting dalam mengidentifikasi masalah psikologis, emosi, kemampuan akademis dan kognitif sejak dini. Tes ini juga membantu dalam perkembangan sosial, emosi, serta mendukung kesejahteraan remaja, termasuk identifikasi bakat dan minat. PT Kilau Gemilang menggunakan teknik marketing personal selling dalam menawarkan program psikotes pendidikan kepada sekolah-sekolah, terutama SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi proses personal selling dalam program psikotes pendidikan di SMPN 52 Bandung oleh PT Kilau Gemilang, penelitian ini juga mengidentifikasi hambatan yang dihadapi oleh tim Business Development dalam menyampaikan proses pemasaran melalui strategi personal selling, serta berusaha memahami alasan penggunaan komunikasi personal selling sebagai strategi dalam memasarkan program psikotes pendidikan di SMPN 52 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang melibatkan observasi dan wawancara untuk memahami pelaksanaan Proses Komunikasi Personal selling oleh PT. Kilau Gemilang. PT Kilau Gemilang menggunakan Personal selling untuk menciptakan interaksi dua arah yang efektif dengan konsumen. Tim Business development memulai dengan pendekatan ramah, menjelaskan manfaat program psikotes, dan menjawab pertanyaan dari sekolah seperti SMPN 52 Bandung. Dengan komunikasi personal, PT.Kilau Gemilang membangun kepercayaan dan hubungan yang lebih dekat, yang mendorong transaksi saling menguntungkan. Proses ini juga melibatkan teknik pemasaran seperti door-to-door selling dan presentasi langsung untuk mengenali kebutuhan spesifik konsumen. Hasilnya, Sekolah SMPN 52 Kota Bandung menerima penawaran yang sesuai dan dukungan langsung, meningkatkan kepuasan dan hubungan jangka panjang dengan PT Kilau Gemilang. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam mengenai efektivitas Proses Personal selling dalam konteks pendidikan dan kontribusinya terhadap perkembangan siswa. Kata Kunci: Komunikasi Personal selling, Pendidikan, Psikotes, ProsesPemasaran, Studi Kasus.

Item Type: Other
Additional Information: SKRIPSI PRODI ILMU KOMUNIKASI S1
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Komunikasi dan Desain > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI
Date Deposited: 15 May 2025 04:47
Last Modified: 15 May 2025 04:47
URI: http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/784

Actions (login required)

View Item View Item