Alifia, Nuha Rifandy (9882405118411050) (2023) Hubungan Self Esteem Dengan Impulsive Buying Pada Beauty Product Di Kalangan Remaja Akhir Kota Bandung. Undergraduate Thesis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (205kB) |
Abstract
Remaja akhir merupakan masa peralihan menuju dewasa yang ditandai dengan beberapa hal seperti mencapai hubungan lebih matang dengan teman sebaya, mencapai peran sosial sebagai seorang pria dan wanita, dan lebih menerima kondisi fisik. Salah satu aspek tahap perkembangan pada remaja akhir ialah self esteem. Namun, remaja akhir yang memiliki self esteem rendah dapat memperhambat proses perkembangan pada saat memasuki tahap dewasa awal. Salah satu permasalahan pada remaja akhir di Kota Bandung ialah mereka menunjukkan perilaku yang kurang menghargai dirinya sendiri jika tidak memakai produk kecantikan. Sebagian dari mereka juga menyatakan bahwa memiliki ketergantungan dalam menggunakan produk kosmetik demi penampilan fisiknya. Hingga akhirnya menimbulkan perilaku impulsive buying pada beauty product. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara self esteem dengan impulsive buying pada beauty product dikalangan remaja akhir kota Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Proses pengambilan data menggunakan media g-form yang terdiri dari dua instrument yaitu skala self esteem dan skala impulsive buying. Sampel penelitian berjumlah 153 remaja akhir Kota Bandung (120 perempuan dan 33 laki-laki, 18-22 tahun). Analisis data diolah menggunakan uji korelasi spearman’s rho dengan bantuan program IBM SPSS Ver. 25. Hasil korelasi penelitian menghasilkan nilai sebesar -0,278, yang artinya terdapat hubungan negatif antara self esteem dengan impulsive buying pada beauty product dikalangan remaja akhir kota Bandung. Kata kunci: Remaja akhir, Self esteem, Impulsive Buying, Beauty Product.
Item Type: | Other |
---|---|
Additional Information: | SKRIPSI PRODI PSIKOLOGI S1 |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 08:15 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 08:15 |
URI: | http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/909 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |