Eny, Suwarni and Iklima, Valda and Rahmah, Wara and Shafira, Ramadhani (2025) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 4 SD. Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia, Bandung.
![]() |
Text
LOMBA EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PA.pdf Download (452kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika pada siswa sekolah dasar, yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional dan minimnya penggunaan media menarik. Siswa mengalami kesulitan memahami materi abstrak seperti pengukuran sudut, satuan panjang, dan bangun datar jika hanya disampaikan secara verbal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh media pembelajaran audio visual interaktif terhadap pemahaman konsep matematika pada siswa kelas IV yang memiliki nilai di bawah rata-rata. Penelitian menggunakan desain quasi eksperimen dengan pendekatan non-equivalent control group design, yang melibatkan dua kelompok: kelompok eksperimen (diberi perlakuan dengan media audio visual) dan kelompok kontrol (tanpa perlakuan). Pengukuran dilakukan melalui pretest dan posttest berupa soal matematika. Hasil analisis statistik menunjukkan adanya peningkatan pemahaman yang signifikan pada kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol. Temuan ini menunjukkan bahwa media audio visual interaktif merupakan alternatif efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika, terutama bagi siswa dengan kemampuan awal yang rendah
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 08:11 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 08:25 |
URI: | http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/1103 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |