YOAN, HERBIANI (9882405117311097) (2021) Strategi Programming Radio Paramuda Dalam Mempertahankan Pendengar Paramuda Squad (Studi Kasus Strategi Programming Radio Paramuda Dalam Mempertahankan Paramuda Squad Di Paramuda Radio 93,7fm Bandung). Undergraduate Thesis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.
Text
Cover.pdf Download (26kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (423kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (458kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (310kB) |
Abstract
Paramuda Radio merupakan radio penyiaran yang mengedepankan program– program menarik untuk pendengar sehingga dituntut harus dapat menghasilkan program acara berkualitas yang dapat mempertahankan dan menarik minat pendengar. Dalam pembuatan strategi siaran Paramuda Radio lebih memperhatikan pendengar kelas C yang didominasi oleh Paramuda Squad yang berbeda dan memiliki keunikan tersendiri. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi programming yang meliputi tahap lima(5) elemen yaitu: compatibility (kesesuaian), habit formation (membangun kebiasaan), control of audience flow (pengontrol arus pendengar), conservation of program resource (pemeliharaan sumber daya program), dan mass appeal (daya tarik massa), dimana kelima elemen tersebut perlu diperhatikan Paramuda Radio dalam mempertahankan pendengar Paramuda Squad. Metodologi penelitian yang digunakan adalah menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan teknik pengumpulan data tertulis dilapangan melalui observasi dan wawancara. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Adapun penelitian ini menggunakan triangulasi sumber sebagai teknik pemeriksaan keabsahan data. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi programming. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Paramuda Radio menerapkan strategi programming dengan lebih memperhatikan segmentasi, target dan kebutuhan pendengar yaitu Paramuda Squad, sehingga program acara yang disajikan memenuhi kebutuhan Paramuda Squad. Dengan demikian Paramuda Radio sudah berusaha memenuhi kebutuhan khalayak pendengar memperoleh informasi maupun hiburan melalui programprogram acara yang disajikan. Kata kunci: Radio, Strategi Programming, Pendengar.
Item Type: | Other |
---|---|
Additional Information: | SKRIPSI PRODI ILMU KOMUNIKASI S1 |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Komunikasi dan Desain > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 04:05 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 04:05 |
URI: | http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/594 |
Actions (login required)
View Item |