Strategi Event Sabilulungan Ekonomi Kreatif Fair (Sabekraf) Dalam Situasi Pandemi Covid-19 Oleh Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Bandung (Studi Kasus Mengenai Strategi Event Sabilulungan Ekonomi Kreatif Fair (SABEKRAF) sebagai Pembinaan Para Pelaku Ekonomi Kreatif Kabupaten Bandung dalam Mengembangkan Ekonomi Secara Kreatif di Era Pandemi Covid-19)

Aulia, Khansa Qurratuaini (9882405117311054) (2021) Strategi Event Sabilulungan Ekonomi Kreatif Fair (Sabekraf) Dalam Situasi Pandemi Covid-19 Oleh Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Bandung (Studi Kasus Mengenai Strategi Event Sabilulungan Ekonomi Kreatif Fair (SABEKRAF) sebagai Pembinaan Para Pelaku Ekonomi Kreatif Kabupaten Bandung dalam Mengembangkan Ekonomi Secara Kreatif di Era Pandemi Covid-19). Undergraduate Thesis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.

[img] Text
Cover.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (328kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (94kB)

Abstract

SABEKRAF (Sabilulungan Ekonomi Kreatif Fair) merupakan event rutinan yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung, dengan maksud membina para pelaku Ekonomi Kreatif Fair ditengah kondisi covid-19. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui karakteristik event SABEKRAF, proses berjalannya event SABEKRAF dalam situasi pandemi covid-19, dan alasan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung mengadakan event Sabilulungan Ekonomi Kreatif Fair. Metode penelitian menggunakan kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data secara primer dengan wawancara dan observasi, serta secara sekunder dengan referensi buku, skripsi penelitian terdahulu, internet searching. Teknik penentuan informasi dilakukan secara purposive sampling. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian proses berjalannya event pada tahap research meliputi tujuannya sebagai sarana berekspresi pelaku Ekraf, target masyarakat Kabupaten Bandung, membentuk struktur dan tanggung jawab kepanitiaan internal dan eksternal. Tahap design meliputi brainstorming tema dan menentukan kegiatan di event, penentuan dana hadiah, penentuan komunitas Slogi sebagai pengisi acara,penentuan dekorasi minimalis, serta membuat poster. Tahap planning meliputi pembuatan teknis penyeleggaraan sesuai protokol kesehatan, serta menyediakan mobil pemadam kebakaran dan ambulance. Tahap coordinating meliputi rapat berkala dengan pihak internal dan eksternal, koordinasi melalui whatsapp group, serta survei lokasi event (Sabilulungan). Selanjutnya tahap evaluation meliputi rapat evaluasi dengan pihak internal dan eksternal, serta faktor penghambatnya jika pengunjung tidak mematuhi protokol kesehatan. Kata Kunci: Bauran Promosi, Strategi Event, SABEKRAF

Item Type: Other
Additional Information: SKRIPSI PRODI ILMU KOMUNIKASI S1
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Komunikasi dan Desain > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI
Date Deposited: 04 Apr 2024 10:27
Last Modified: 04 Apr 2024 10:27
URI: http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/616

Actions (login required)

View Item View Item