Strategi Pemberitaan Media Online Mengenai Pemilihan Umum 2024 (Studi Kasus Mengenai Strategi Pemberitaan Satire Pemilihan Umum 2024 Pada Rubrik “Terminal” Dan Desk “Politik” Di Mojok.Co)

Fanzah, Evan Ervansyah (9882405120311001) (2024) Strategi Pemberitaan Media Online Mengenai Pemilihan Umum 2024 (Studi Kasus Mengenai Strategi Pemberitaan Satire Pemilihan Umum 2024 Pada Rubrik “Terminal” Dan Desk “Politik” Di Mojok.Co). Undergraduate Thesis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.

[img] Text
Cover.pdf

Download (109kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (49kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (268kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (313kB)

Abstract

Mojok.co menjadi salah satu media online di Indonesia yang turut memberitakan mengenai Pemilihan Umum 2024. Namun, Mojok.co memiliki ciri khas tersendiri yaitu menggunakan gaya bahasa satire di setiap proses pemberitaanya. Penggunaan gaya bahasa satire tersebut masih jarang dilakukan pada media online di Indonesia, dengan menggunakan gaya bahasa satire yang merupakan salah satu bentuk strategi pemberitaan dalam pemberitaanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi, hambatan, serta alasan Mojok.co dalam menggunakan strategi pemberitaan menurut Nunuk Parwati. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap Mojok.co. Terdapat tiga informan kunci dan satu informan pendukung. Konsep yang digunakan pada penelitian ini yaitu strategi pemberitaan Nunuk Parwati tahun 2020. Hasil penelitian ini adalah Mojok.co yang mengimplementasikan strategi pemberitaan yang mencakup tiga strategi yaitu strategi pemilihan isu dengan memilih isu-isu sosial yang sedang ramai dibicarakan juga memilih berita dengan sudut pandang yang berbeda, strategi penulisan berita Mojok.co mengkurasi setiap artikel dalam sisi penggunaan gaya bahasa satire yang tidak terlalu keras baik diisi maupun pada headline setiap artikelnya, strategi perwajahan berita Mojok.co memperkuat sisi branding dengan menggunakan gaya bahasa satire serta menggunakan visual pendukung yang menarik dan unik. Dalam mengatasi hambatan Mojok.co juga melakukan kurasi artikel oleh tim redaksi untuk memilih mana artikel yang layak tayang di rubrik terminal dan desk politik, dengan mentaati etika jurnalistik. Dengan begitu alasan Mojok.co menggunakan strategi pemberitaan tersebut untuk dapat memperkuat branding dan menjadi pembeda dengan media online lain. Kata Kunci: Gaya Bahasa Satire, Media Online, Mojok.co, Strategi Pemberitaan, Studi Kasus.

Item Type: Other
Additional Information: SKRIPSI PRODI ILMU KOMUNIKASI S1
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Komunikasi dan Desain > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI
Date Deposited: 19 Jun 2025 07:11
Last Modified: 19 Jun 2025 07:11
URI: http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/873

Actions (login required)

View Item View Item