Nazlan, Zaina Fathurizqi (9882405219311023) (2024) Strategi Personal Branding Content Creator (Studi Kasus Mengenai Strategi Personal Branding Mega Agilia Sebagai Content Creator Fashion Model Melalui Media Sosial Instagram @Gamezura_). Undergraduate Thesis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (418kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (205kB) |
Abstract
Instagram memiliki berbagai fitur yang terkait dengan bisnis dan bisa dimanfaatkan oleh penggunanya. Mega Agilia merupakan seorang konten kreator fashion model yang memanfaatkan media sosial Instagram sebagai strategi pembentukan Personal Branding dirinya sebagai Content Creator Fashion Model melalui Media Sosial Instagram @gamezura_. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan Personal Branding, tanggapan followers, dan alasan Mega Agilia menggunakan media sosial Instagram untuk pembentukan Personal Branding. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivistik, pendekatan penelitian menggunakan studi kasus, subjek penelitian adalah Mega Agilia dan objek penelitiannya adalah Strategi personal branding yang dilakukan Mega Agilia. Teknik Penentuan informan melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berasal dari wawancara, observasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mega Agilia menerapkan ke delapan konsep personal branding Peter Montoya pada media sosial Instagramnya. Penerapan konsep personal branding tersebut menghasilkan sebuah tanggapan positif dari followers nya di Instagram, dengan selalu bersuara mengenai isu-isu sosial, menginspirasi followers nya dengan memberikan saran dalam menentukan style pakaian, dan menunjukkan sikap yang sangat humble pada kolom komentar dan juga di Direct Message. Mega Agilia, menggunakan Instagram karena efektif untuk membentuk personal branding terutama di bidang fashion model. Instagram memberikan lebih banyak kebebasan dibandingkan dengan platform media social lainnya terutama pada hal kreativitas dalam mengekspresikan diri dan sangat tepat untuk membentuk personal branding dirinya. Kata Kunci: Instagram, Konten Kreator, Mega Agilia, Personal Branding
Item Type: | Other |
---|---|
Additional Information: | SKRIPSI PRODI ILMU KOMUNIKASI S1 |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Komunikasi dan Desain > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 08:01 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 08:01 |
URI: | http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/875 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |