Aulia, Dianova (9882405120311047) (2024) Strategi Pengelolaan Konten Dalam Membangun Kesadaran Berita Hoaks Di Media Sosial (Studi Kasus Mengenai Strategi Pengelolaan Konten Dalam Membangun Kesadaran Berita Hoaks Pada Akun Instagram @Jabarsaberhoaks). Undergraduate Thesis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (360kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (718kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (231kB) |
Abstract
Hoaks merupakan berita palsu yang dapat tersebar karena cepatnya arus informasi akan kebutuhan masyarakat dalam bermedia sosial. Penggalan suatu berita yang muncul di media online yang belum diketahui faktanya menjadi pemicu utama munculnya berita hoaks. Objek penelitian ini adalah adalah strategi pengelolaan konten berita hoaks melalui media sosial Instagram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi strategi serta pemanfaatan media sosial @Jabarsaberhoaks dalam membangun kesadaran akan berita hoaks. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data primer adalah observasi dan wawancara sedangkan data sekunder adalah studi kepustakaan dan dokumentasi. Terdapat tiga informan kunci dari pengelola akun @Jabarsaberhoaks dan dua informan pendukung dari pengikut akun instagram @Jabarsaberhoaks. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian didapatkan strategi pengelolaan konten yang dilakukan oleh akun instagram @Jabarsaberhoaks mencakup empat point yakni Context, Communication, Collaboration, dan Connection disini akun instagram @Jabarsaberhoaks mampu membuat konten sesuai dengan keinginan pengikutnya dan juga melakukan kolaborasi dengan unit saber hoaks yang ada di Jawa Barat. Tanggapan pengikut akun instagram @Jabarsaberhoaks Sebagian besar memiliki ketertarikan dengan konten yang ada di @Jabarsaberhoaks. Alasan Jabar Saber Hoaks menggunakan media sosial instagram sebagai sarana utama mereka untuk mempublikasikan klarifikasi hoaks, karena pada saat Jabar Saber Hoaks dibentuk platform media sosial yang sedang ramai dipakai oleh masyarakat adalah instagram. Kata kunci : Hoaks, Informasi, Media Online, Instagram, Jabar Saber Hoaks
Item Type: | Other |
---|---|
Additional Information: | SKRIPSI PRODI ILMU KOMUNIKASI S1 |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Komunikasi dan Desain > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 08:07 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 08:07 |
URI: | http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/904 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |