Erik, Maydia Ramadhan(9882405117311037) (2024) Penggunaan Media Sosial Di Perguruan Tinggi (Studi Deskriptif Mengenai Penggunaan Media Sosial Instagram @Unibiofficial Sebagai Media Informasi Mahasiswa). Undergraduate Thesis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.
![]() |
Text
cover.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
bab1.pdf Download (467kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (193kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran media sosial, khususnya Instagram, dalam menyampaikan informasi di lingkungan perguruan tinggi. Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia (UNIBI) menggunakan akun Instagram @unibiofficial sebagai media informasi utama yang menjangkau mahasiswa secara luas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan Instagram @unibiofficial sebagai media informasi bagi mahasiswa, serta mengevaluasi respon mahasiswa terhadap konten yang dibagikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung terhadap konten Instagram @unibiofficial. Informan dalam penelitian ini terdiri dari Kepala bagian komunikasi publik sebagai yang berwenang mengelola Instagram @unibiofficial, dan mahasiswa UNIBI yang aktif mengikuti akun tersebut. Teori yang digunakan sebagai landasan penelitian adalah The Circular Model of SOME (Share, Optimize, Manage, Engage) dari Regina Luttrell, yang menganalisis bagaimana media sosial digunakan untuk berbagi informasi, dioptimalkan, dikelola, dan melibatkan audiens. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram @unibiofficial telah berhasil digunakan sebagai media informasi yang efektif dalam menyampaikan pengumuman akademik, kegiatan kampus, dan prestasi mahasiswa. Namun, interaksi dengan mahasiswa masih perlu ditingkatkan untuk meningkatkan engagement. Pembahasan penelitian ini menyarankan peningkatan strategi konten yang lebih interaktif dan konsisten, serta evaluasi berkala untuk memastikan efektivitas komunikasi melalui media sosial. Kata Kunci: Instagram, Media Sosial, Informasi, Mahasiswa, Circular model of SOME, UNIBI
Item Type: | Other |
---|---|
Additional Information: | SKRIPSI PRODI ILMU KOMUNIKASI S1 |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Komunikasi dan Desain > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 02:44 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 02:44 |
URI: | http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/989 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |