Strategi Komunikasi Pemasaran Toko Oleh-Oleh Sebagai Pionir Oleh-Oleh Bandung (Studi Kasus Mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Kartika Sari Sebagai Pionir Toko Oleh-Oleh Khas Bandung)

Herliyana, Agustian Raska Npm.( 9882405119311072) (2024) Strategi Komunikasi Pemasaran Toko Oleh-Oleh Sebagai Pionir Oleh-Oleh Bandung (Studi Kasus Mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Kartika Sari Sebagai Pionir Toko Oleh-Oleh Khas Bandung). Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.

[img] Text
cover.pdf

Download (12kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (55kB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (279kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (82kB)

Abstract

Pionir adalah sesuatu yang pertama dalam memperkenalkan produk, layanan atau konsep baru. Kartika Sari disebut sebagai pionir toko oleh-oleh khas Bandung Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi, hambatan serta alas an kartika sari mempertahankan sebagai pionir menggunakan dimensi SOSTAC. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Perolehan data penelitian ini mendapatkan hasil dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian pada implementasi strategi Kartika Sari melibatkan kerjasama dengan berbagai pihak, pemanfaatan media sosial untuk promosi, serta inovasi produk baru. Selain itu, Kartika Sari juga meningkatkan pengalaman pelanggan melalui layanan e-commerce dan berpartisipasi dalam acara festival kuliner. Perusahaan ini juga melakukan riset pasar untuk menetapkan harga yang kompetitif dan berfokus pada strategi utama seperti menjaga kualitas produk dan menerima umpan balik dari pelanggan. Pengembangan karyawan dan pelatihan rutin dilakukan untuk meningkatkan kinerja. Meskipun demikian, Kartika Sari menghadapi tantangan besar, termasuk persaingan yang ketat, perubahan preferensi konsumen, serta masalah logistik dalam manajemen stok dan distribusi. Sebagai bagian dari warisan Kota Bandung sejak tahun 1975, Kartika Sari berhasil mempertahankan citra sebagai ikon oleh-oleh khas Bandung, memanfaatkan pasar pariwisata yang terus berkembang. Kata Kunci: Bandung, Kartika Sari, Komunikasi Pemasaran, Pionir, Toko Oleh-Oleh

Item Type: Other
Additional Information: SKRIPSI PRODI ILMU KOMUNIKASI S1
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Komunikasi dan Desain > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI
Date Deposited: 25 Aug 2025 07:48
Last Modified: 25 Aug 2025 07:48
URI: http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/1004

Actions (login required)

View Item View Item