Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram UMKM @Familiakreativa)

Dania, Sapitri(9882405116311017) (2023) Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram UMKM @Familiakreativa). Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.

[img] Text
cover.pdf

Download (96kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (94kB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (509kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (231kB)

Abstract

UMKM Memiliki Peranan Penting Dalam Perekonomian Indonesia, Namun Pada Saat Covid-19 UMKM Dan Perusahaan Mengalami Penurunan Penjualan. UMKM Yang Mengalami Penurunan Pendapatan Sebagai Akibat Dari Penurunan Jumlah Penjualan Dan Penurunan Daya Beli Masyarakat. Salah Satu UMKM Yang Bertahan Di Era Pandemi Adalah @Familiakreativa Yang Bergerak Pada Produk Buku Dan Mainan Kreatif Untuk Mendukung Kegiatan Anak-Anak Sekitar Umur 3-9 Tahun. Tujuan Penelitian Ini Menjelaskan Implementasi Konsep Dari Komunikasi Pemasaran Efektif Dan Hambatan Yang Dilakukan UMKM @Familiakreativa Di Media Social Instagram Penelitian Ini Menggunakan Metode Deskriptif Kualitatif Dengan Teknik Penentuan Informan Purposive Sampling. Serta Pengumpulan Data Dari Observasi, Wawancara, Dan Dokumentasi. Hasil Penelitian Menunjukkan Konten Yang Diunggah Memberikan Informasi Dan Edukasi Yang Baik Serta Mudah Diterima Oleh Konsumen Atau Calon Konsumen. Pada Isi Dan Informasi Komunikasi @Familiakreativa Menerapkan Model AIDA, Dan Berhasil Memandu Calon Konsumen Dari Tahap Menarik Perhatian Hingga Tindakan Pembelian. Pada Daya Tarik Rasional Terletak Pada Kualitas Produk Yang Dianggap Bermanfaat Untuk Perkembangan Anak. Sementara Daya Tarik Emosional Mempengaruhi Sugesti Konsumen Dengan Menciptakan Konten Edukatif, Kreatif, Yang Menyentuh Emosi Pengikut Melalui Caption Pada Konten Yang Diunggah, @Familiakreativa Tidak Hanya Menggunakan Instagram Sebagai Satu-Satunya Media, Penggunaan Saluran Seperti Facebook, Whatssapp Dan Telegram Serta Memanfaatkan Reseller Agar Mencapai Pasar Yang Lebih Luas. Celah Konsumen Dapat Diambil Oleh Pemasar Dan Kesempatan Tersebut Adalah Tempat Dan Waktu. Hambatan @Familiakreativa Menghadapi Beberapa Tantangan Dalam Memasarkan Produknya, Seperti Mencari Ide Yang Kreatif Untuk Menarik Perhatian Konsumen, Beradaptasi Dengan Perubahan Tren, Serta Mempertahankan Konsistensi.Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Media Sosial, Instagram, UMKM

Item Type: Other
Additional Information: SKRIPSI PRODI ILMU KOMUNIKASI S1
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Komunikasi dan Desain > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI
Date Deposited: 27 Aug 2025 04:39
Last Modified: 27 Aug 2025 04:39
URI: http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/1043

Actions (login required)

View Item View Item