Nur, Tsabita Gemantari B(9882405119311024) (2023) Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Konten Edukasi Digital (Studi Kasus Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Konten Edukasi Digital Tentang Sejarah Pada Twitter @Neohistoria_Id). Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.
![]() |
Text
cover.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
bab1.pdf Download (761kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (232kB) |
Abstract
Media Sosial Atau Media Online Dimanfaatkan Penggunanya Untuk Saling Berkomunikasi, Berinteraksi, Berbagi, Networking, Hingga Belajar Secara Digital Dengan Memanfaatkan Fitur-Fitur Yang Ada Dimedia Sosial. Tujuan Penelitian Ini Untuk Mengetahui Proses Perencanaan Komunikasi, Tanggapan Pengikut, Dan Alasan @Neohistoria_Id Menggunakan Twitter Sebagai Media Untuk Edukasi Digital Sejarah. Penelitian Ini Menggunakan Metode Kualitatif Dengan Pendekatan Studi Kasus Dan Model Dari Regina Luttrell The Circular Model Of SOME. Teknik Penentuan Informan Menggunakan Purposive Sampling. Hasil Penelitian Perencanaan Proses Komunikasi Yang Dilakukan Oleh @Neohistoria_Id Yang Pertama Tahapan Share, Akun Twitter @Neohistoria_Id Berpartisipasi (Participate) Dalam Membagikan Konten Sejarah, Publik Yang Menerima Konten Tersebut Telah Terhubung (Connect) Dengan @Neohistoria_Id, Sehingga @Neohistoria_Id Harus Membangun Kepercayaan (Build Trust) Publik Untuk Tetap Membaca Konten Mereka. Tahapan Optimize, @Neohistoria_Id Mendengarkan (Listen) Dan Mempelajari (Learn) Publik Yang Berdiskusi Tentang Postingan Mereka, Kemudian @Neohistoria_Id Mengambil Bagian Dalam Diskusi (Take Part In Authentic Communications) Dengan Cara Berdiskusi Melalui Reply Maupun Space. Tahap Manage, @Neohistoria_Id Melakukan Pengawasan (Media Monitoring) Terhadap Publik Untuk Mendalami Isu Yang Sedang Terjadi. Setelah Itu, @Neohistoria_Id Harus Segera Menanggapi (Quick Response) Dengan Baik Sehingga Terjadi Interaksi (Real Time Interaction) Antara @Neohistoria_Id Dengan Publik. Tahap Engage @Neohistoria_Id Sudah Paham Bagaimana Cara Membangun Relasi Dengan Public (Influencer Relations), Tujuannya Untuk Mengetahui Sasaran Audien Dari @Neohistoria_Id (Where Is The Audience), Target Dari Akun Twitter @Neohistoria_Id Adalah Mahasiswa Dan Pekerja Professional. Hal Tersebut Penting Dilakukan Agar Bisa Mencari Audien Yang Sama (How Do I Reach Them?) Dan Dapat Mengajak Atau Membuat Perubahan Yang Baik Terhadap Citra Yang Dibangun Oleh Akun Twitter @Neohistoria_Id Itu Sendiri. Kata Kunci : Edukasi Digital, Media Sosial, Sejarah, Twitter
Item Type: | Other |
---|---|
Additional Information: | SKRIPSI PRODI ILMU KOMUNIKASI S1 |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Komunikasi dan Desain > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 02:42 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 02:49 |
URI: | http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/1072 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |