Amelia, Juniawati Hidayat (9882405117311036) MAKNA ENDORSEMENT BAGI SELEBRITI INSTAGRAM (Studi Fenomenologi Mengenai Makna Endorsement Bagi Selebri Instagram @Sesesvana, @Alifahratu, @Indyratnap di Kota Bandung). Undergraduate Thesis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (593kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (593kB) |
Abstract
Fenomena endorsement ramai dilakukan oleh onlineshop dengan melibatkan selebriti instagram @Sesesvana, @Alifahratu, @Indyratnap merupakan Selebriti Instagram yang terlibat dalam kegiatan endorsement tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna endorsement bagi eksistensi, pengalaman, dan tindakan sosial selebriti instagram @Sesesvana, @Alifahratu, @Indyratnap di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi fenomenologi Alfred Schutz. Sumber data primer wawancara dengan selebriti instagram, followers, dan online shop. Teknik penetuan informan yang digunakan yaitu purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna endorsement bagi eksistensi adanya rasa pengakuan, pengalaman, rasa hormat dari followers dan masyarakat. Makna endorsement bagi pengalaman terbagi dua yaitu pengalaman baik selebriti instagram mendapatkan menambahnya relasi teman, mendapatkan penghasilan, mendapatkan kepercayaan oleh followers saat melakukan endorsement. Pengalaman buruk yang mereka dapatkan komentar yang tidak mengenakkan dengan berujung membully fisik saat melakukan endorsement dan mengalami penipuan endorsement mengakibatkan kerugian bagi . Lalu makna endorsement tindakan sosial onlineshop kepada selebriti instagram memberikan hasil pekerjaan keprofesionalan dan memberikan hasil yang memuaskan bagi online shop dengan kinerga hasil yang baik dan mendapatkan feedback serta kepercayaan dari online shop. Kata Kunci : Selebriti Instagram, @Sesesvana, @Alifahratu, @Indyratnap endorsement, fenomenologi
Item Type: | Other |
---|---|
Additional Information: | SKRIPSI PRODI ILMU KOMUNIKASI S1 |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Komunikasi dan Desain > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 03:05 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 03:05 |
URI: | http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/609 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |