Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Followers Di Media Sosial (Studi Kuantitatif Verifikatif Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Followers Pada Kolom Ulasan Produk Akun Tiktok Hijabchic Periode Agustus-September 2023)

Dina, Zumadila Ulfah (9882405119311114) (2023) Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Followers Di Media Sosial (Studi Kuantitatif Verifikatif Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Followers Pada Kolom Ulasan Produk Akun Tiktok Hijabchic Periode Agustus-September 2023). Undergraduate Thesis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.

[img] Text
Cover.pdf

Download (111kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (247kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (620kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (397kB)

Abstract

Electronic Word of Mouth (e-WOM) merupakan sebuah bentuk komunikasi yang dilakukan individu dengan indvidu lainnya, pesan yang berisi informasi dan rekomendasi mengenai sebuah produk tertentu melalui media online, seperti contohnya adalah TikTok. Saat ini TikTok menjadi portal bisnis sosial-commerce yang menawarkan berbagai macam jenis produk. Akun TikTok HijabChic merupakan platfrom yang memberikan peluang menjanjikan untuk electronic word of mouth (e-WOM), sejumlah besar pengguna mendapatkan informasi dan dapat membagikan ulasan tentang produk yang mereka beli. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Electronic word of mouth (e-WOM) terhadap keputusan pembelian followers pada kolom ulasan akun TikTok HijabChic pada periode agustus-september 2023. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan verifikatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara menyebar kuesioner dan teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling kepada 100 responden. Selain itu teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori Elaboration likelihood model (ELM). Pada uji validitas dan uji reliabilitas dihasilkan bahwa seluruh pernyataan yang ada pada dalam kuesioner valid dan reliabel. Hasil pada penelitian ini menunjukan dalam uji T dari hasil analisis data statistic IBM SPSS 23 menunjukan bahwa variabel Electronic Word Of Mouth (e-WOM) berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 44,8% dari 15 sub hipotesis yang telah dibuat pada penelitian ini, memperoleh data yang paling tinggi menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara sub variabel e-WOM Quality terhadap pemilihan merek dengan nilai sebesar 8.922 >1.654 bahwa terdapat pengaruh Electronic Word Of Mouth (eWOM) terhadap keputusan pembelian followers pada akun TikTok HijabChic. Kata Kunci: Electronic Word of Mouth (e-WOM), Keputusan Pembelian, TikTok

Item Type: Other
Additional Information: SKRIPSI PRODI ILMU KOMUNIKASI S1
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Komunikasi dan Desain > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI
Date Deposited: 23 Jun 2025 06:14
Last Modified: 23 Jun 2025 06:14
URI: http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/890

Actions (login required)

View Item View Item