Anjeli, Larassati (9882405120311043) (2024) Kampanye Public Relations Instansi Pemerintah Dalam Mengedukasi Masyarakat Mengenai Anti Narkoba (Studi Deskriptif Mengenai Kampanye Public Relations Badan Narkotika Nasional Provinsi (Bnnp) Jawa Barat Dalam Mengedukasi Remaja Kota Bandung Mengenai Anti Narkoba). Undergraduate Thesis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (74kB) |
Abstract
Kampanye anti narkoba adalah upaya edukasi mengenai narkoba untuk remaja di sekolah-sekolah Kota Bandung agar terhindari dari penyalahgunaan narkoba. Masalah narkoba merupakan permasalahan yang memerlukan penanganan secara serius maka dari itu penelitian ini berfokus pada kampanye anti narkoba yang dilaksanakan oleh public relations Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Barat Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi komunikasi, perencanaan, pelaksanaan, serta hambatan yang dihadapi dalam upaya menyampaikan pesan anti narkoba kepada remaja di sekolah-sekolah Kota Bandung, serta melalui media online. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif, mengumpulkan data primer melalui wawancara dan observasi, serta data sekunder dari buku, skripsi, dan sumber online. Informan dipilih secara purposive sampling, dan triangulasi sumber digunakan untuk keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kampanye ini mengandalkan strategi tatap muka di lingkungan sekolah untuk membangun hubungan yang lebih personal dan kredibel dengan audiens, sementara media online digunakan untuk menjangkau remaja yang lebih luas. Meskipun kampanye public relations BNNP Jawa Barat berhasil dalam beberapa aspek, terdapat sejumlah hambatan yang dihadapi selama pelaksanaannya seperti, terbatasnya anggaran kampanye, pengaruh negatif teman sebaya, kurangnya metode dan inovasi kampanye, penyebaran hoaks melalui media online, dan rendahnya literasi digital. Kata Kunci: Kampanye anti narkoba, Narkoba, Perencanaan Kampanye, Public Relations, BNNP Jawa Barat.
Item Type: | Other |
---|---|
Additional Information: | SKRIPSI PRODI ILMU KOMUNIKASI S1 |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Komunikasi dan Desain > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 07:08 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 07:08 |
URI: | http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/901 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |