AFIF, ABDULLAH (9882405118311059) (2021) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PENYEBARAN INFORMASI (Studi Kasus Pemanfaatan Media Sosial Tiktok oleh Akun @infobandungkota Sebagai Media Penyebaran Informasi Di Kota Bandung). Undergraduate Thesis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (420kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (129kB) |
Abstract
Media konvensional banyak berinovasi dalam proses penyebaran informasinya, dari konvensional menjadi media digital atau bahkan memanfaatkan media sosial, khususnya media sosial tiktok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan media sosial tiktok sebagai media penyebaran informasi. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh dari hasil wawancara secara mendalam dan observasi non partisipan. Uji keabsahan data menggunakan tirangulasi sumber, dengan mengelompokan hasil wawancara diantara informan terkait. Sehingga hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah mengetahui tahapan pengambilan keputusan inovasi yaitu inovasi menggunakan media sosial tiktok sebagai media penyebaran informasi, sebelum memanfaatkannya @Infobandungkota mempelajari lebih dalam dan mengkaji bagaiman proses penyebaran informasi menggunakan media sosial tiktok. Hambatan dalam pemanfaatan media sosial tiktok sebagai media penyebaran informasi ini, dimana hambatan ini berupa hambatan yang belum mengetahui lebih dalam bagaimana algoritma tiktok, lalu harus menambah sumber daya manusia dalam pengelolaannya juga dalam proses produksinya dari segi terhalangnya cuaca dan pemilihan audio pada saat proses penyuntingan. Tanggapan yang diberikan oleh pengikut @Infobandungkota bahwasanya informasi yang disajikan sangat mudah menggunakannya dan isi informasinya informatif sehingga kebutuhan konsusmi pribadi akan informasi terpeneuhi dengan tampilan audio visual yang menarik. Faktor mengapa @infobandungkota menggunakan media sosial sebagai media penyebaran informasi, untuk memenuhi kebutuhan khalayak atau pasar dan agar informasi yang disajikan @Infobandungkota tersampaikan kesemua kalangan. Kata kunci: Pemanfaatan Media Sosial, Penyebaran Informasi, Media Online, Media Sosial, Tiktok
Item Type: | Other |
---|---|
Additional Information: | SKRIPSI PRODI ILMU KOMUNIKASI S1 |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Komunikasi dan Desain > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | PERPUS PERPUSTAKAAN UNIBI |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 03:05 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 03:05 |
URI: | http://repository.unibi.ac.id/id/eprint/613 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |